7 Aplikasi Password Manager Terbaik 2020

  • Whatsapp
password manager

Ada beberapa aplikasi password manager terbaik yang bisa membantu mu menyimpan password. Ketika membuat sebuah kata sandi atau password maka kita harus berhati-hati agar tidak lupa saat menggunakannya.

Jika sampai lupa maka hal yang fatal seperti tidak bisa log in akan terjadi. Nah untuk mengatasi hal ini buat kamu yang suka lupa sebaiknya kamu gunakan aplikasi password manager terbaik yang akan kami bahas di kesempatan kali ini.

Perlu kamu ketahui untuk saat ini aplikasi password manager bisa kita temukan di aplikasi play store yang juga bisa di download secara gratis. Agar kamu menjadi lebih mudah dalam mencarinya, maka di ulasan ini kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa aplikasi yang akan kami rekomendasikan.

Apa Itu Aplikasi Password Manager ?

Aplikasi password manager merupakan aplikasi pengaman password dari berbagai password yang kamu gunakan. Jika biasanya kamu harus mencatat banyaknya password yang kamu gunakan untuk membuka aplikasi atau untuk log in, maka dengan aplikasi password manager kamu hanya cukup 1 password saja.

Dengan aplikasi ini kamu juga akan lebih aman dari serangan para hacker yang akan mencuri password yang telah kamu gunakan.

Mengapa Menggunakan Password Manager?

Jika kamu bertanya-tanya, mengapa perlu menggunakan password manager?

Selain alasan yang telah kami jelaskan di atas, yaitu supaya kamu tidak perlu mencatat password. Ada alasan lain yang harus kamu tau.

Dengan menggunakan password manager, kamu hanya perlu ingat satu password saja. Password yang harus kamu ingat adalah “master password” yaitu password khusus yang digunakan untuk login di aplikasi password manager tersebut.

Lalu bagaimana password yang lain? Tentunya kita biarkan password manager yang mengingatnya. Dengan cara ini, kita tidak perlu mengingat banyak password. Simpel bukan?

Alasan selanjutnya adalah, adanya fitur untuk sharing antar device. Apapun device/perangkat yang kamu gunakan, entah itu Windows, Mac, Linux, ataupun Android kamu tetap memiliki akses ke password kamu.

Hal ini bisa dilakukan jika aplikasi password manager terbaik yang kamu gunakan memiliki dukungan aplikasi di jenis perangkat yang kamu pakai.

Untuk mempersingkat waktu, yuk kita lihat saja aplikasi password manager untuk Windows 10 dibawah ini.

Aplikasi Password Manager Terbaik yang Harus Kamu Gunakan

Rekomendasi Aplikasi Password Manager untuk Windows 10 – dan platform lainnya.

1. Bitwarden

bitwarden password manager

Bitwarden adalah aplikasi password manager yang sangat populer akhir-akhir ini. Hal ini karena Bitwarden memiliki fitur yang bagus dengan tampilan UI yang menarik.

Selain gratis, Bitwarden juga merupakan aplikasi yang Open Source. Bitwarden tersedia di berbagai platform seperti Android, iOS, Windows, dan Macintosh.

Dengan menggunakan Bitwarden, password mu akan tersimpan dengan baik di server. Apakah aman? Jangan khawatir karena aplikasi ini sudah pernah di audit oleh perusahaan keamanan.

Kelebihan dari Bitwarden adalah, kamu bisa menginstall di server mu sendiri sehingga sangat cocok untuk menyimpan password dalam level organisasi atau perusahaan.

Versi gratis Bitwarden hanya bisa membuat 2 collections, dan hanya bisa sharing hingga 2 user.

Untuk kamu yang tidak suka gratisan, Bitwarden memiliki versi berbayarnya lho. Kamu bisa menggunakannya sampai 5 orang dengan harga $5 pada paket Teams. Fitur tambahannya juga cukup menarik, seperti:

  • Unlimited users, collections, dan shared items
  • Laporan Vault health
  • Penyimpanan file sebesar 1GB yang terenkripsi
  • Prioritas untuk dukungan support teknis

Untuk level perusahaan/Enterprise, kamu bisa mendapatkan fitur yang lebih keren seperti dukungan sinkronisasi Active Directory, Google Drive, dan lain sebagainya.

Ingin menggunakan Bitwarden? Saya pengguna Bitwarden lho! kamu bisa download dan daftar Bitwarden di sini ya.

2. 1Password

1password

Jika kamu tidak puas dengan Bitwarden, maka 1Password adalah aplikasi yang layak kamu coba. Sama seperti aplikasi sebelumnya, 1Password mendukung banyak platform seperti MacOS, iOS, Android, Windows, Chrome OS, Linux, bahkan Command Line.

Sayangnya, 1Password tidak menyediakan versi gratis. Kamu harus mengeluarkan uang sebesar $3.99 per bulan untuk penggunaan seacara personal. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena menurut review para penggunanya 1Password ini memiliki fitur yang tidak mengecewakan.

Adapun paket harga yang disediakan oleh 1Password adalah untuk Personal & Family dan Team & Business. Untuk lebih jelas dari paket yang disediakan, kamu bisa melihat pricing 1Password di link ini.

3. LastPass

lastpass

Aplikasi Password Manager terbaik selanjutnya adalah LastPass. LastPass juga merupakan aplikasi kelola password yang banyak digunakan. Hal ini karena LastPass juga memiliki kemampuan untuk sinkronisasi antar perangkat seperti dua aplikasi sebelumnya.

LastPass menawarkan beberapa paket pricing untuk Personal dan Business. Untuk personal, kamu bisa menggunakan LastPass dengan gratis. Tetapi jika kamu kurang puas, kamu bisa membayar versi berbayarnya hanya dengan $3 per bulan. Paket personal juga menyediakan untuk families, yaitu dengan membayar $4 setiap bulannya.

Sedangkan untuk paket business atau perusahaan bisa di dapatkan dengan harga $4 per user untuk setiap bulannya.

Untuk menggunakan LastPass kamu bisa mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu melalui link ini.

4. Sticky Password

Buat kamu yang suka gratisan sebaiknya kamu coba nih aplikasi password manager bernama Sticky Password. Pada aplikasi ini kamu bisa mengamankan banyak password dengan mudah, dengan sistem kerja yang mendukung biometrik seperti sensor sidik jari yang di lengkapi dengan fitur manager password mampu di gunakan sampai 16 web browser paling populer di antaranya Chrome dan FireFox.

Kelebihan dari aplikasi ini yaitu kamu bisa mengecek kekuatan password yang kamu gunakan lewat fitur generatornya, sehingga saat password di anggap lemah, kamu bisa menambahkan karakter untuk memperkuatnya.

Selain dari itu aplikasi ini juga di lengkapi dengan adanya fitur two-factor authentication yang telah di rancang oleh developer AVG Antivirus.

Untuk mengunduh Sticky Password, kamu bisa menuju link website berikut ini.

5. Dashlane

Selain dari aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Dashlane. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang lebih mengutamakan keamanan. Walaupun versi gratisan, namun untuk menjaga privasi kamu aplikasi sangat bisa di andalkan.

Kelebihan aplikasi ini di lengkapi dengan enkripsi AES-256. Di samping itu kamu juga bisa menyimpan banyak password tanpa batas walaupun masih dalam satu perangkat saja.

Buat kamu yang aktif di dunia online, aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai dompet digital ya guys, pasalnya aplikasi ini bisa di gunakan untuk menyimpan informasi kartu kredit, kartu debit sampai resi pembayaran online lainnya.

Kamu juga bisa mengubah dan menyimpan password dengan mudah dengan tampilan antar muka yang sangat simple.

6. KeePass

keepass

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan data secara lokal baik di perangkat laptop, desktop sampai smartphone sekalipun. Kelebihannya adalah bisa di pasang di USB sehingga nantinya kamu bisa melihat database password kapan saja kamu mau.

Tidak hanya itu aplikasi juga di lengkapi dengan fitur auto type, two-factor authentication sampai password generator.

KeePass bisa kamu unduh di website nya ya.

7. True Key

Buat kamu yang membutuhkan aplikasi yang lebih canggih dari aplikasi di atas, maka perlu kamu coba nih guys aplikasi bernama True Key. Pada fitur andalannya kamu akan merasakan berbagai macam metode untuk log in nih guys seperti sensor sidik jadi, pengenalan wajah, Windows Hello, two-step verification dan masih banyak lagi.

True Key mengklaim bahwa kita cukup install, login, dan True Key akan otomatis menyimpan bahkan me-login-kan kita ketika hendak masuk ke website/aplikasi tertentu.

Saya sendiri belum pernah mencoba True Key. Barangkali kamu bisa mencoba lalu share pengalamannya di sini? hehe

Untuk Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa menyimpan 15 password dan bisa mengimport password dari aplikasi password manager lain.

Buat kamu yang penasaran dengan True Key, kamu bisa download di sini ya.

Nah, itulah 7 aplikasi password manager terbaik 2020 yang bisa kamu coba kecanggihannya ya guys.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *