Cara Masuk Safe Mode pada HP Xiaomi MIUI

Fitur Safe Mode mempunyai peran penting dan berguna untuk mengatasi berbagai masalah. Berikut ini beberapa Cara masuk Safe Mode yang bisa anda coba pada HP Xiaomi MIUI.

Semua Smartphone Android termasuk Xiaomi yang menggunakan MIUI pasti memiliki fitur safe mode yang ditujukan untuk semua pengguna.

Fitur ini mempunyai banyak fungsi, diantaranya untuk mengatasi kerusakan sistem seperti hang atau crash. Beberapa aplikasi yang juga tidak berjalan dengan baik pada mode biasa dapat diatasi dengan cara mengakses Safe Mode.

Perbedaan safe mode dengan mode biasa pada HP Xiaomi dapat terlihat dari tampilan layar ponsel di bagian pojok kiri bawah. Terdapat tulisan SAFE MODE pada layar bagian bawah saat anda berhasil mengaktifkan fitur ini.

Dikarenakan jenis ponsel Xiaomi yang banyak, maka cara masuk Safe Mode pada HP Xiaomi MIUI juga dapat berbeda-beda. Namun anda tidak perlu khawatir sebab pada tutorial kali ini akan membahas secara khusus tentang semua jajaran ponsel Xiaomi.

Cara masuk Safe Mode pada HP Xiaomi MIUI

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda ikuti supaya bisa masuk ke fitur safe mode pada ponsel Xiaomi agar bisa menemukan kinerja perangkat yang bermasalah.

1. Pertama, silahkan matikan atau restart ponsel Xiaomi anda dengan cara menekan tombol power yang ada disamping bodi ponsel.

2. Tekan dan tahan tombol power sampai muncul opsi “Reboot” atau “Power Off” , anda bisa memilih salah satunya.

safe mode

3. Jika memilih opsi “Power Off” , tunggu sampai ponsel benar-benar mati dan setelah mati hidupkan lagi dengan menekan tombol power yang terletak disamping bodi ponsel.

4. Perhatikan layar ponsel Xiaomi, tunggu sampai muncul logo Mi.

5. Begitu muncul logo Mi pada layar ponsel, segera tekan dan tahan tombol Volume Down (-) yang terletak diantara tombol power dan tombol Volume UP.

6. Anda harus terus menekan tombol volume down selama loading hingga berhasil masuk ke sistem operasi.

7. Jika berhasil maka pada layar bagian bawah akan terlihat tulisan SAFE MODE.

8. Jika sudah selesai dan ingin kembali ke mode biasa, maka anda cukup matikan perangkat dan hidupkan kembali.

Menggunakan Fingerprint Scanner untuk masuk safe mode

Pada beberapa varian HP Xiaomi yang telah di lengkapi fitur Fingerprint Scanner, anda juga dapat menggunakan cara ini untuk bisa masuk ke safe mode.

Fitur Fingerprint Scanner yang ada pada HP Xiaomi biasanya terletak di bagian belakang bodi sebelah bawah kamera belakang.

1. Untuk bisa masuk ke safe mode menggunakan cara ini, Silahkan matikan atau restart ponsel Xiaomi anda.

2. Setelah ponsel kembali menyala dan pada layar telah menampilkan tombol Mi, segera ketuk-ketuk dengan cepat pada bagian Fingerprint Scanner Xiaomi.

3. Seperti kita ketahui bahwa proses booting Xiaomi bisa memakan waktu hingga tiga puluh detik lebih. Anda diharuskan untuk terus mengetuk hingga ponsel berhasil memasuki sistem safe mode.

4. Jika berhasil maka akan tampak di layar tulisan SAFE MODE yang terletak di bawah pojok kiri layar HP Xiaomi.

5. Untuk bisa kembali ke mode biasa, caranya juga mudah. Silahkan restart HP Xiaomi Anda dengan menekan kembali tombol power yang terletak disamping bodi, cuma kali ini pastikan tanpa mengetuk Fingerprint Scanner atau menekan tombol volume down.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment