Cara Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan Google

Sudah tau cara melacak HP Android? Kehilangan HP merupakan sesuatu yang sangat menyedihkan. Bagaimana tidak, HP tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Aktivitas kita selalu didukung oleh adanya HP.

Sebelum kamu pasrah dengan HP Android mu, ada baiknya mengikuti cara melacak HP Android yang hilang berikut ini.

Cara Melacak HP Android dengan Google

Cara paling mudah untuk melacak HP adalah menggunakan fitur bawaan dari Android itu sendiri. Ya, Google telah memberikan fitur ini ke semua HP.

Google Find My Device

Fitur Find My Device ini akan membantu mu untuk mencari lokasi terakhir dari HP mu. Untuk membuka fitur ini, kamu hanya perlu membuka alamat https://www.google.com/android/find dari browser.

Jika broser yang kamu pakai untuk membuka alamat tersebut belum login Google, maka kamu diharuskan untuk memasukkan alamat email dan password yang kamu punya.

Alamat email di sini adalah email yang kamu pakai untuk di HP Android kamu ya.

Tunggu beberapa saat, maka kamu akan ditampilkan lokasi terakhir dari smartphone yang kamu miliki.

device information

Dari gambar di atas, di sebelah kiri akan muncul device yang kamu miliki. Pada bagian kiri atas ada tanda pentung (!) yang jika kamu klik akan muncul informasi kapan device tersebut terdaftar di Google dan kapan terakhir kali terdeteksi.

fitur google find my device

Play Sound, Mainkan Suara untuk Mencari HP

Di bagian kiri terdapat menu Play Sound. Fitur ini jika diklik akan membunyikan alarm di HP kamu. Tentunya jika HP dalam keadaan hidup dan terkoneksi dengan internet.

Secure Device

Fitur ini digunakan untuk melakukan lock pada HP yang kamu punya. Kemudian fitur ini juga akan melakukan sign out pada Google Account di HP tersebut.

Selain itu kamu juga dapat menampilkan pesan tertentu di layar dengan menggunakan fitur ini. Setelah menggunakan fitur ini, kamu tetap dapat melihat lokasi dari perangkat.

Erase Device

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menghapus device. Fitur ini akan menghapus semua isi dari HP kamu. HP tidak akan dapat diketahui lagi lokasinya, tapi setidaknya, data kamu akan aman.

Kesimpulan

Fitur yang diberikan oleh Google ini sangat bermanfaat. Tetapi ingat, bahwa fitur ini hanya dapat digunakan ketika HP kamu masih terhubung dengan internet. Jika HP kamu ternyata dicuri, dan koneksi internet atau power dimatikan, maka kamu hanya bisa melihat lokasi terakhirnya saja.

Kelemahan dari fitur ini adalah, si pencuri masih bisa melakukan reset perangkat, install ulang HP dari no lagi. Ini memang masih menjadi kelemahan dari perangkat Android.

Demikian tips cara melacak HP Android yang hilang, semoga bermanfaat. 😀

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment