9 Cara Melindungi Akun FB dari Hacker √

Di tahun 2020 ini siapa sih yang nggak punya Facebook? Facebook atau sering kita singkat FB ini memang salah satu jejaring sosial yang paling diminati masyarakat Indonesia.

FB bukan hanya menjadi tempat untuk menghilangkan kepenatan, tetapi juga sebagai tempat untuk menjalin hubungan antar teman-teman yang dipisahkan oleh jarak yang jauh. Bahkan saat ini FB bukan cuma untuk itu. Facebook juga menjadi ajang tempat untuk jualan, sharing ilmu, dan banyak hal positif lainnya.

Selain sisi positif dari FB, maka ada juga sisi negatif yang harus diwaspadai. Kenapa waspada? karena hal ini dapat membahayakan bagi pengguna FB, di antaranya adalah ancaman dari seorang hacker.

Apa itu hacker? kamu bisa baca-baca di tulisan sadapandroid tentang apa itu hacker.

Perbedaan Hacker dan Cracker yang Wajib Kamu Tau

Yang jelas kamu ga bakal mau berurusan dengan mereka karena akun facebook kamu bisa jadi dalam bahaya. Seorang hacker bisa menembus akun FB kita tanpa kita ketahui. Ketika kita sadar mungkin FB kita sudah diacak-acak oleh hacker tersebut.

Akibat FB Kena Hack

  • Profil Diacak-acak
    Hal yang paling sering terjadi ketika facebook kita di hack adalah profil kita diacak-acak. Seperti apa diacak-acaknya? Mungkin saja foto profil kita diganti oleh orang lain, atau mungkin biodata kita diubahnya menjadi sesuatu yang tidak baik.
  • Update Status Negatif
    Selanjutnya, kadang hacker juga melakukan update status berupa hal negatif. Teman-teman kamu mungkin akan menyadari bahwa ada yang aneh dengan status Facebook kamu. Jika ada yang mengingatkan kamu seperti ini, mungkin kamu harus sesegera mungkin mengecek nya ya, karena bisa jadi password kamu sudah diganti oleh hacker tersebut.
  • Password Diganti oleh Hacker (Cracker?)
    Yang paling merepotkan adalah ketika password kamu juga diganti oleh hacker tersebut. Kamu jadi tidak bisa login dan akhirnya kesulitan untuk memperbaiki apa yang sudah dirusak oleh hacker tersebut.

Cara Melindungi Akun FB dari Hacker

Setelah kamu paham akibat jika Facebook terkena hack, mungkin sebaiknya kamu pelajari cara melindungi akun FB dari Hacker. Berikut ini adalah tips agar FB kamu tidak kena hack.

  1. Berikan Password yang Kuat dan Tidak Mudah Dibobol
    Ini adalah hal paling penting untuk melindungi akun Anda. Dengan password yang kuat dan tidak mudah dibobol maka hacker akan kesulitan untuk menebak password Anda. sadapandroid punya tip nih untuk membuat password yang kuat.
  2. Jangan Sembarang Klik Link di Email
    Jika tiba-tiba kamu mendapat email yang berisikan link untuk melakukan verifikasi akun, maka jangan pernah mengeklik link tersebut kecuali memang kamu melakukan verifikasi akun.
  3. Jangan Menerima atau Menambahkan Teman yang Tidak Kamu Kenal
    Hanya berteman dengan orang yang dikenal akan membuat akun FB kamu lebih aman. Pasalnya kita tidak tau apakah orang-orang yang tampil di facebook benar-benar terpercaya atau tidak.
  4. Jangan Memberikan Alamat Email ke Sembarang orang
    Alamat email seperti halnya rumah yang kamu tinggali. Jangan memberikan alamat rumah mu ke sembarang orang karena itu sama saja dengan memancing hacker untuk iseng ke akun email yang kamu miliki.
  5. Jangan Gabung Grup Facebook yang Tidak Jelas
    Selalu berhati-hati ketika ingin gabung grup facebook. Setidaknya lihatlah terlebih dahulu jumlah member nya baru klik ikuti grup. Kecuali Anda benar-benar yakin grup itu aman, jangan pernah gabung ke grup.
  6. Jangan Sembarang Main Game di Facebook
    Banyak sekali aplikasi atau game yang beredar di FB. Ketika hendak memainkannya pasti ada pop up bahwa aplikasi atau game tersebut ingin mengakses data pribadi kamu. Oleh karena itu kamu harus lebih waspada dengan aplikasi atau game yang kamu mainkan di FB.
  7. Ganti Password Secara Berkala
    Mengganti password adalah hal yang penting. Dengan mengganti passwordmu secara berkala, akan menambah tingkat keamanan akun FB yang kamu miliki. Jangan lupa ingat poin no satu, yaitu gunakan password yang kuat dan sulit dibobol.
  8. Jangan Sembarang Login
    Ingat, pastikan kamu login di tempat yang kamu yakin aman. Contoh tempat yang tidak aman adalah ketika kamu login di komputer umum, misal warnet, atau perpustakaan. Wifi gratis juga seringkali tidak aman karena ada orang yang mengintai password di sana
  9. Jangan Lupa Logout
    Jika kamu terpaksa login di perangkat yang bukan milik kamu sendiri, maka pastikan jangan lupa logout akun kamu ya…

Oke, itu adalah beberapa cara melindungi akun FB dari hacker Apakah kamu punya tips lain? Share di kolom komentar ya teman.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment