Cara Menghemat Baterai Xiaomi Tips dan Trik yang Efektif

Ada cara menghemat baterai Xiaomi yang efektif agar penggunaan smartphone bisa bertahan lebih lama lagi. Saat ini baik perangkat keras maupun perangkat lunak Xiaomi akan terus ditingkatkan performa-nya supaya lebih efisien.

HP Xiaomi keluaran terbaru memang telah dibekali baterai berkapasitas besar. Sedangkan Xiaomi keluaran lama juga sudah memiliki kapasitas baterai rata-rata diatas 3000 mAh.

Jika dibandingkan dengan keluaran Smartphone Android zaman Gingerbread (Android versi 2) yang hanya tahan sekitar 3 jam saja dengan kapasitas rata-rata 1000 mAh. Tentunya baterai Xiaomi masih jauh lebih bagus dibanding rival-rivalnya.

Namun lagi-lagi karena meningkatnya kebutuhan seperti untuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat dapat membuat baterai tetap boros meskipun kapasitas baterai telah ditingkatkan.

Bagi pengguna Xiaomi tentunya harus mengerti cara menghemat baterai Xiaomi mengingat ponsel ini menggunakan baterai tanam yang pastinya akan sulit untuk diganti jika sampai rusak.

Cara Menghemat Baterai Xiaomi Supaya Tetap Awet

Untuk menjaga keawetan ponsel, berikut ini ada sedikit tips yang dapat menjaga daya tahan baterai supaya umurnya bisa lebih lama.

1. Gunakan Charger yang berkualitas

Kualitas Charger sangat mempengaruhi umur baterai ponsel. Charger yang berkualitas sudah pasti yang original yaitu charger bawaan yang tersedia di paket pembelian smartphone.

Saat ini banyak sekali Charger abal-abal kualitas rendah yang dijual terutama di toko-toko aksesoris Handphone. Harganya yang murah tentu menjadi daya tarik utama bagi banyak orang untuk membelinya.

Namun ada harga biasanya ada kualitas dan charger murahan sangat rentan sekali memberikan tegangan listrik yang tidak stabil.

Supaya dapat menghemat waktu pengisian dan efisiensi baterai ponsel, gunakan charger original atau setidak nya charger dengan merk yang sudah terkenal akan kualitasnya dan biasanya harganya juga tidak murah.

2. Mobile data, Wifi dan Bluetooth

Ketiga fitur ini merupakan biang kerok utama yang menyebabkan baterai smartphone menjadi boros. Jika anda bisa mematikan salah satunya saja maka itu dapat meningkatkan daya tahan baterai agar ponsel bisa beroperasi lebih lama.

Biasanya orang mengaktifkan mobile data dan wifi secara bersamaan dan bukankah itu hanya membuang-buang energi baterai ponsel ?

Cukup mengaktifkan salah satunya saja sudah termasuk cara menghemat baterai xiaomi yang efektif. Sebab anda hanya butuh satu koneksi saja untuk bisa terhubung ke internet dan memilih salah satunya dapat memperpanjang daya tahan baterai yang lebih lama.

3. Sleep Mode

Secara default, semua HP Xiaomi sudah menggunakan Sleep mode yang dapat menghemat baterai untuk penggunaan ponsel yang lebih lama.

Jika anda ingin mengubah pengaturan ke mode “Never” yang dapat membuat layar menyala terus karena suatu kebutuhan sementara.

Setelah selesai, sebaiknya jangan sampai lupa untuk mengubahnya lagi ke mode sleep mode dalam hitungan detik. Makin singkat waktunya maka semakin irit baterai smartphone, sebab sleep mode sangat efektif sekali untuk menghemat penggunaan baterai.

4. Power Saving

Pada Ponsel Xiaomi biasanya fitur Power Saving akan otomatis menyala saat level baterai berada dibawah 30%. Namun jika anda ingin lebih menghemat baterai, maka bisa mengaktifkan secara manual dengan cara masuk ke pengaturan.

Fitur Power Saving yang tersedia pada MIUI HP Xiaomi ini berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai. Fitur ini secara otomatis dapat meredupkan layar ponsel dan hanya akan menjalankan aplikasi ringan saja.

5. Aktifkan Auto Close Aplikasi

Fitur ini sangat bermanfaat jika anda seandainya telah membuka banyak aplikasi namun lupa untuk menutupnya. Sebab aplikasi yang tidak ditutup akan terus berjalan dibelakang layar dan hal ini dapat membuat baterai lebih boros.

Dengan mengaktifkan fitur auto close aplikasi ini maka anda dapat menghemat baterai ponsel lebih lama lagi. Xiaomi anda akan melakukan pembersihan memori secara otomatis.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment