Sal
Admin
Android enthusiast yang sangat suka teknologi terbaru
2 min read

Cara Pertolongan Pertama Untuk Android Yang Mengalami Hardbrick

Posted in Android

Hardbrick pada perangkat android memang masalah yang tidak bisa anda sepelekan. Hardbrick ini biasanya disebabkan karena kesalahan instalasi. Atau anda pernah penghapus beberapa bagian penting dalam sistem Android sehingga kondisi hardbrick pun bisa anda alami. Jika smartphone masih dalam kondisi garansi resmi, anda bisa langsung membawanya ke gerai tempat anda membeli.

Pertolongan Pertama Untuk Android Hardbrick

Namun berbeda jika ponsel sudah habis masa garansinya. Maka diperlukan beberapa langkah untuk mengatasi kondisi demikian. Jangan panik terlebih dulu karena masalah hardbrick ini akan lebih ringan jika kita mengantisipasinya terlebih dulu. Kondisi ponsel yang demikian bisa juga terjadi karena ponsel terlalu berat menjalankan sistem. Bisa jadi perangkat tidak sesuai operating sistemnya dengan berbagai pembaruan yang tersedia. Jadi banyak penyebab yang melatarbelakangi kondisi demikian. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk cara pertolongan pertama untuk android yang mengalami hardbrick. 

1. Diamkan Smartphone Beberapa Saat

Hardbrick bisa terjadi karena kondisi ponsel yang terlalu panas. Kondisi panas tersebut terjadi karena layar terus menerus menyala, booting yang tanpa henti serta hal lainnya yang membuat kinerja processor lebih berat. Hal ini akan membuat ponsel mencapai batas suhu maksimal. Maka dengan kondisi tersebut jangan panik terlebih dulu. anda mesti mendiamkan smartphone beberapa saat untuk menstabilkan suhunya barulah mencoba menyalakannya kembali.

2. Charger Smartphone

Jika setelah didiamkan ponsel masih tidak mau menyala, bisa jadi anda mengalami kehabisan daya ketika ponsel hardbrick. Cobalah untuk melakukan pengisian daya selama 10 menit. Jika sudah terasa cukup, coba nyalakan ponsel anda. Jika berhasil, kemungkinan ponsel mengalami panas yang berlebih adalah penyebab utama masalah hardbrick anda. Jika masih belum berhasil, maka lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Lepas baterai

Langkah satu ini juga disebut sebagai hard reset. Dengan melepas baterai secara otomatis anda akan memutus aliran daya dan memaksa ponsel untuk booting kembali. Lepaskan baterai dan coba pasang kembali. Coba nyalakan ponsel kembali. Untuk baterai tanam, tekan tombol power selama 10 detik. Jika belum berhasil, tekan selama 30 detik maka smartphone akan dipaksa untuk kembali melakukan booting sehingga masalah hardbrick akan dibenahi kembali.

4. Flash Via Odin

Langkah satu ini merupakan metode pamungkas dimana anda mesti melepaskan semua komponen yang menempel pada smartphone. Mulai dari baterai, SIM dan SD Card, dsb. Sambungkan perangkat ke PC/Laptop dalam kondisi demikian. Setelah itu masukan baterai ke ponsel sembari menahan tombol volume up dan down. Kemudian anda akan masuk ke Download Mode kemudian Flash Via Odin. Untuk smartphone yang memiliki baterai tanam, tekan tombol volume up dan dowb selama 15 detik untuk masuk ke Mode Download.

Itu dia beberapa cara mudah pertolongan pertama android yang mengalami hardbrick. Jika masih belum berhasil, konsultasikan ke service center untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selamat mencoba.