Sal
Admin
Android enthusiast yang sangat suka teknologi terbaru
3 min read

Cara Upload Video Panjang di Instagram, Lebih dari 1 Menit!

Posted in Instagram

Upload Video Panjang di Instagram - Instagram merupakan salah satu platform berbagi foto dan video paling populer sekarang ini. Penggunanya sangat banyak, bahkan di Indonesia sebagian besar pengguna smartphone pasti memiliki akun Instagram pribadi. Di Instagram Anda tidak hanya bisa berbagi foto atau video di feed, melainkan juga di Instagram Story.

Foto dan video yang diunggah di Instagram tersebut memungkinkan untuk dilihat oleh semua pengguna Instagram. Kecuali Anda sudah mengatur akun sebagai akun private, maka hanya followers saja yang bisa melihatnya.

Di Instagram kita memang bisa mengunggah foto dan video dengan mudah. Namun, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi oleh pengguna Instagram. Misalnya saja untu konten video, di mana pengguna hanya bisa mengunggah video dengan durasi maksimal 1 menit. Meskipun demikian, ada lho cara upload video panjang di Instagram yang memungkinkan durasinya lebih dari satu menit. Ingin tahu caranya? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Upload Video Panjang di Instagram yang Lebih dari 1 Menit

Sebenarnya cukup mudah untuk mengunggah video panjang di Instagram. Hanya saja tidak semua pengguna tahu mengenai cara tersebut. Adapaun cara upload video panjang di Instagram selengkapnya, sebagai berikut:

1. Upload Video Panjang di IG dengan Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama ini Anda masih harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Aplikasi yang dimaksud tersebut yakni bernama Story Split yang dibesut oleh Ekalaya Technology. Meskipun namanya Story Split, namun video yang diedit lewat aplikasi ini juga memungkinkan untuk Anda unggah di feed Instagram.

Mengenai langkah-langkah posting video panjang di Instagram menggunakan Story Split selangkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi Story Split di HP Android Anda. https://play.google.com/store/apps/details?id=fmy.latian.storysplit
  • Kalau sudah, langsung jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan utama aplikasi, Anda klik tombol untuk memilih video. Sekarang pilih video yang ingin Anda potong menjadi beberapa bagian.
  • Klik Preview untuk memastikan video yang dipilih sudah benar atau tidak. Selanjutnya Anda klik tombol Next.
  • Lakukan beberapa pengaturan pada video. Pada bagian Split per Part Anda isi dengan angka 59 (detik). Inilah point pentingnya, di mana videonya nanti akan dibagi menjadi beberapa bagian dengan masing-masing video berdurasi 59 detik.
  • Kalau sudah, selanjutnya Anda klik tombol Continue. Tunggu beberapa waktu sampai prosesnya selesai.  
  • Selanjutnya Anda lakukan upload video yang sudah dipotong-potong tersebut. Buka aplikasi Instagram, kemudian klik tombol Plus (+) yang ada di bagian tengah bawah tampilan.
  • Kemudian pilih beberapa video yang sudah dipotong tadi sekaligus, lalu klik Selanjutnya.
  • Lengkapi beberapa elemen dari video seperti caption, tag, dan yang lainnya. Kemudian upload langsung videonya.
  • Selesai.

Video dengan durasi lebih dari 1 menit sudah berhasil Anda unggah di feed Instagram. Pengguna tinggal lakukan slide postingan untuk menonton semua bagian videonya.

2. Upload Video Panjang di IG Tanpa Aplikasi

Jika harus menggunakan aplikasi tambahan menurut Anda cukup merepotkan, maka cara kedua ini bisa dijadikan alternatif. Di sini Anda bisa langsung mengunggah video panjang secara langsung dari aplikasi Instagram. Caranya yakni dengan menggunakan fitur IGTV atau Instagram TV.

Dengan fitur IGTV ini pengguna bisa mengunggah video yang durasinya lebih dari satu menit dengan mudah dan cepat. Mengunggah video di IGTV bisa dilakukan dari perangkat apapun, namun lebih mudah melalui aplikasi Instagram di smartphone. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama buka aplikasi Instagram di smartphone.
  • Kemudian klik tombol Plus (+) untuk menambahkan foto atau video.
  • Sekarang Anda pilih video panjang yang durasinya lebih dari 60 detik.
  • Selanjutnya Anda pilih gambar sampul untuk postingan IGTV tersebut. Caranya dengan memilih salah satu dari gambar yang sudah disediakan di bawahnya. Selain itu, Anda juga bisa mengambil gambar lain dengan cara klik tombol Tambahkan dari Galeri. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Berikutnya.
  • Berikutnya Anda perlu menambahkan judul dan deskripsi sesuai keinginan.
  • Klik tombol posting untuk mulai menampilkan video IGTV.
  • Selesai.

Itulah tadi dua cara mudah upload video panjang di Instagram yang bisa lebih dari durasi 1 menit. Semoga informasi di atas bermanfaat.