Untung Rugi Gadai BPKB Mobil, dan Tata Caranya

  • Whatsapp
bpkb mobil

Menggadaikan BPKB kendaraan, termasuk gadai BPKB mobil, merupakan salah satu opsi yang banyak dilakukan guna mendapatkan pinjaman uang tunai. Kebutuhan mendesak biasanya menjadi faktor utama seseorang mengambil pinjaman. 

Untuk mengambil pinjaman, banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari pinjaman langsung ke bank, hingga pinjaman dengan menggadaikan barang atau disebut sistem gadai. Lembaga keuangan yang memfasilitasi pinjaman pun beragam, dari yang resmi sampai yang tidak resmi pun ada. Sehingga Anda perlu berhati-hati dalam mengambil pinjaman.

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan penyedia jasa keuangan yang Anda tuju terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar terhindar dari praktik penipuan yang bisa merugikan Anda.

Mengenal Sistem Gadai dan Tata Cara Gadai BPKB Mobil

Sistem gadai merupakan sistem kredit atau pinjaman dengan menyerahkan atau menggadaikan suatu barang seperti elektronik dan kendaraan untuk dijadikan jaminan. Khusus untuk kendaraan, bukan kendaraan yang akan digadaikan langsung sebagai jaminan, melainkan kelengkapan surat kendaraan, seperti BPKB dan STNK.

Beberapa kelebihan yang didapat peminjam dari sistem gadai diantaranya adalah mudahnya kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk menggadaikan kendaraan, Anda hanya perlu menyiapkan BPKB dan STNK asli. Selain mudah, proses pencairan pinjaman dengan sistem gadai terbilang cukup cepat, sehingga Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu pencairan dana. Untuk gadai BPKB mobil, biasanya peminjam mendapat tenor pinjaman yang relatif panjang.

Dibalik kelebihan tentunya ada kekurangan yang harus Anda perhatikan, kekurangan tersebut diantaranya adalah besaran pinjaman yang terbilang kecil. Selain itu, Anda juga harus memastikan kendaraan yang akan Anda gadaikan tidak berusia lebih dari 5 tahun, serta pajak kendaraan Anda tidak dalam kondisi mati.

Tata Cara Gadai BPKB Mobil

Untuk memperoleh pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil, banyak penyedia pinjaman yang memberikan layanan ini. Namun, tidak semua penyedia pinjaman memberikan tingkat bunga yang baik. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menggadaikan BPKB mobil Anda, pastikan penyedia pinjaman yang Anda pilih terpercaya dan terdaftar di OJK. Anda juga harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diminta saat akan menggadaikan BPKB mobil Anda.

Untuk menggadaikan BPKB mobil Anda harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah Anda harus seorang Warga Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 21 tahun, dan sudah bekerja minimal 1 tahun. Selanjutnya, jika Anda sudah memenuhi persyaratan, berikut langkah-langkah untuk mengajukan pinjaman

  1. Siapkan persyaratan dokumen yang meliputi 
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk 
  2. Foto diri peminjam
  3. Fotokopi Kartu Keluarga peminjam
  4. Foto barang jaminan termasuk dokumen kepemilikan sah
  5. Foto tempat kerja peminjam
  6. Fotokopi surat keterangan kerja atau surat izin praktik
  7. Fotokopi bukti kepemilikan tempat tinggal (syarat khusus bagi pegawai non formal)
  8. dan Fotokopi PBB, telepon, air, dan rekening listrik (syarat khusus bagi pegawai non formal)
  1. Pilih tenor pinjaman dan jumlah pinjaman sesuai kebutuhan
  2. Setelah semua persyaratan dipenuhi dan Anda sudah menentukan tenor serta jumlah pinjaman, Anda hanya perlu menunggu pencairan dana. Untuk dana yang akan dicairkan, bisa Anda terima dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening peminjam.

Dengan mengetahui informasi mengenai kelebihan dan kekurangan gadai BPKB mobil, Anda bisa mempertimbangkan apakah sistem gadai ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan penyedia jasa pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *