Gejala Mengalami Gula Darah Rendah yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp
gejala mengalami gula darah rendah

Salah satu unsur penting bagi tubuh kita adalah kadar gula darah. Gula darah adalah komponen penting yang merupakan bahan bakar untuk tubuh kita termasuk di antaranya adalah otak. Dapat dikatakan bahwa gula darah adalah sumber energi untuk sel-sel di dalam tubuh yang berfungsi untuk membangun otot dan jaringan tubuh. Mengingat pentingnya gula darah, maka kita harus waspada jika terdapat gejala mengalami gula darah rendah.

Karena gula darah itu penting, maka kita harus mengetahui kadar gula darah dalam tubuh kita. Dengan mengetahui apakah kadar gula darah kita rendah atau tinggi, maka kita dapat segera bertindak sewaktu-waktu kita tahu gula darah kita dalam kondisi tidak normal.

Gula darah yang rendah memiliki istilah medis yang disebut dengan hipoglikemia. Hipoglikemia umumnya terjadi pada penderita diabetes. Namun, tidak menutup kemungkinan orang yang tidak terkena diabetes tidak terkena gula darah rendah.

Penting bagi seseorang untuk mengetahui kadar gula darahnya. Apakah rendah, normal atau tinggi. Gula darah yang rendah dalam istilah medis disebut hipoglikemia. Kondisi ini umumnya terjadi pada penderita diabetes. Bukan hanya penderita diabetes saja, orang yang tidak menderita hal tersebut pun bisa mengalami gula darah rendah.

Penyebab Gula Darah Rendah

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kadar gula darah kita menjadi rendah. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Terlambat Makan
    Terlambat makan bisa menyebabkan gula darah menjadi rendah. Nah, bagi kamu yang suka menunda-nunda makan padahal perut sudah kelaparan, maka kamu harus menghilangkan kebiasaan buruk ini. Selain dapat terkena mag, terlambat makan juga menyebabkan gula darah menjadi rendah.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol
    Alkohol memiliki efek negatif terhadap tubuh kita. Salah satu efek negatif tersebut adalah membuat gula darah menjadi rendah. Oleh karena itu, anda harus menghindari konsumsi alkohol.
  3. Sedang mengkonsumsi obat-obatan khusus
    Ada beberapa jenis obat yang membuat gula darah menjadi rendah. Obat tersebut misalnya adalah quinine. JIka kamu sedang mengkonsumsi obat tersebut, maka harus diimbangi dengan makan makanan yang dapat meningkatkan gula darah.
  4. Kekurangan hormon
    Kekurangan hormon juga dapat menyebabkan gula darah menjadi turun
  5. Menderita penyakit

Gejala Mengalami Gula Darah Rendah

Setelah mengetahui penyebab gula darah menjadi rendah, maka kita juga harus mengetahui gejala dari kadar gula darah yang rendah. Jika kita mengetahui gejala-gejala ini, maka dapat membantu kita untuk lebih mengenal kondisi tubuh kita dan segera melakukan tindak lanjut yang dapat menormalkan gula darah ktia kembali

Berikut ini adalah beberapa gejala yang kita alami ketika gula darah rendah:

1. Kadar gula darah turun di bawah 70 mg/dL.

Seseorang dapat dikatakan mengalami Hipoglikemia jika kadar gula darahnya berada di bawah 70mg/dL. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes karena efek dari obat antidiabetes yang sedang dikonsumsinya.

2. Kulit Pucat dan Berkeringat Dingin

Kulit pucat adalah salah satu tanda bahwa gula darah kita sedang rendah. Selain itu keluar keringat dingin juga menandakan bahwa kadar gula darah kita sedang rendah.

3. Mudah Lelah, Gelisah

Seseorang yang mengalami gula darah rendah biasanya akan merasa mudah lelah dan juga gelisah.

4. Sulit Berkonsentrasi, Tidak Dapat Berdiri

Seseorang yang mengalami kadar gula darah terlalu rendah (di bawah 40 mg/dL) biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi. Yang lebih parah adalah dia tidak mampu berdiri atau berjalan.

Seringkali ketika diajak bicara, bicaranya ngelantur, bahkan bisa mengalami kejang dan tidak sadarkan diri.

Untuk mengatasi kadar gula darah yang rendah, maka kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Perhatikan porsi makanan yang kita makan. Porsi yang seimbang akan membantu anda untuk menormalkan gula darah anda.

Jika kamu sering mengalami gejala gula darah rendah, maka kamu harus segera memeriksakan diri. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *