Kode Bank Mandiri dan Cara Transfer Ke Rekening Bank

  • Whatsapp
logo bank mandiri

Kode bank Mandiri merupakan angka unik berjumlah 3-digit yang akan Anda butuhkan ketika akan melakukan transaksi pengiriman uang melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automatic Teller Machine). Tidak hanya dimiliki oleh bank Mandiri, kode bank tersebut juga dimiliki oleh seluruh bank yang ada di Indonesia.

Dewasa ini, transaksi perbankan seperti transfer uang dan sebagainya lebih sering dilakukan secara mandiri dibanding melalui teller. Transaksi perbankan biasanya dilakukan nasabah melalui mesin ATM atau melalui Internet Banking dan layanan sejenisnya. Selain mudah, transaksi dengan cara tersebut dapat menghemat waktu, karena nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang bank, serta tidak perlu menunggu antrian. Di masa pandemi seperti saat ini, transaksi tanpa tatap muka dengan teller sangat membantu untuk meminimalisir terjadinya penularan virus.

Banyaknya jumlah pengguna produk perbankan, menyebabkan semakin banyaknya bank di Indonesia, mulai dari bank negeri hingga bank swasta. Oleh sebab itu, untuk menghindari terjadinya kesalahan transfer, setiap bank biasanya memiliki kode transfer berupa 3-digit angka. Dengan adanya kode transfer, nasabah tidak perlu khawatir dana yang dikirimkan salah tujuan.

Kode Bank Mandiri dan Tata Cara Transfer ke Rekening Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 2 Oktober 1998. Bank Mandiri merupakan gabungan dari empat bank milik pemerintah, yakni Bank Bumi Daya (BDD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), serta Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Baca Juga: Daftar Kode Bank BRI dan BRI Syariah

Selain Bank Mandiri konvensional, bank Mandiri atau Mandiri Grup juga memiliki beberapa anak perusahaan salah satunya adalah Mandiri Syariah. Secara garis besar, keduanya memiliki beberapa produk perbankan namun menggunakan sistem yang berbeda. Perbedaan mendasar antara bank Mandiri konvensional dan bank Mandiri Syariah terletak pada sistem akad, sistem investasi, sistem return, orientasi, hubungan bank dengan nasabah, dewan pengawas, serta tata cara penyelesaian sengketa.

Meskipun keduanya dimiliki oleh instansi dan bidang yang sama, kedua bank tersebut memiliki kode bank atau kode transfer yang berbeda. Kode transfer bank Mandiri konvensional adalah 008, sedangkan kode bank Mandiri Syariah adalah 451.

Cara Transfer ke Rekening Mandiri

Melakukan transaksi berupa transfer ke rekening beda bank biasanya akan diminta untuk memasukkan kode bank. Jika Anda melakukan transfer melalui Internet Banking, Anda hanya perlu memasukkan bank tujuan Anda dan secara otomatis kode bank tujuan akan ter-input. Namun, jika Anda melakukan transfer melalui ATM, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan

  1. Cari gerai ATM sesuai dengan bank yang Anda gunakan
  2. Masukkan kartu ATM pada slot yang tersedia 
  3. Ketika kartu ATM Anda sudah terbaca, akan muncul pilihan bahasa. Pilihlah bahasa yang memudahkan Anda untuk bertransaksi
  4. Masukkan enam digit PIN ATM Anda
  5. Pilih menu “Transaksi Lainnya”, lalu pilih “Transfer”
  6. Selanjutnya, jika Anda akan melakukan transfer ke rekening bank lain, pilih menu “Antar Bank Online”
  7. Masukkan kode bank yang diikuti dengan nomor rekening tujuan. Misalnya: 008 123456xxxx
  8. Setelah memasukkan nomor rekening, Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah nominal yang akan Anda kirim. Jika sudah memasukkan nominal, pilih “Benar”
  9. Jika kode transfer dan nomor rekening yang dituju sudah benar, maka layar akan menampilkan data penerima berupa nomor rekening dan nama lengkap. Apabila Anda sudah yakin, pilih menu “Ya”
  10. Setelah transaksi selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk sebagai bukti transfer

Dengan mengetahui kode Bank Mandiri dan Bank Mandiri Syariah Anda dapat melakukan transfer dengan mudah tanpa harus mencari kode bank di mesin ATM. Kode bank tersebut berlaku untuk transfer antar bank dari seluruh bank di Indonesia, baik bank konvensional maupun bank syariah. Jika transaksi Anda gagal, periksa kembali nomor rekening yang Anda tuju serta pastikan kode bank yang Anda masukkan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *