Sal
Admin
Android enthusiast yang sangat suka teknologi terbaru
3 min read

Mengenal Kolesterol dan Beberapa Jenisnya Dalam Tubuh

Posted in Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang wajib dijaga bagi semua orang. Sebab, saat ini muncul berbagai penyakit yang mematikan. Meski semua penyakit bisa diatasi, namun alangkah sebaiknya jika anda melakukannya sejak awal. Kadar kolesterol yang tinggi juga menimbulkan berbagai penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Dengan mengenal kolesterol sejak dini, resiko timbulnya penyakit dalam tubuh pun berkurang. Sebab, kolesterol yang memiliki jumlah kadar tinggi bisa menimbulkan sakit jantung, bahkan tekanan darah tinggi.

Kebanyakan orang menganggap jika kolesterol adalah komponen yang mengakibatkan tubuh menjadi rusak. Namun, kenyataannya jika jumlahnya sesuai justru bisa membantu menjalankan fungsi komponen dalam tubuh. Agar anda bisa mengatur kadar kolesterol normal, sebaiknya jaga pola makan dan hidup sehat. Ketahui juga apa saja gejala, penyebab bahkan cara mengatasi ketika penyakit ini anda alami.

Mengenal Kolesterol dan Jenisnya

Kolesterol adalah komponen yang mirip lemak atau lilin yang terdapat pada semua sel dalam tubuh. Jika jumlahnya normal, komponen ini dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya untuk produksi hormon, vitamin D, dan zat lain yang berguna untuk mencerna makanan. Secara alami tubuh sudah memproduksi kolesterol dengan sendirinya.

Sehingga tambahan kolesterol yang dihasilkan dari makanan sudah tidak dibutuhkan. Apalagi jika makanan tersebut mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi, pada umumnya akan menjadi lemak jenuh. Bahkan akan mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung. Lantas ketika anda sudah mengenal kolesterol lebih dekat, sebaiknya untuk selalu menjaga pola makan agar kadar dalam tubuh bisa terjaga.

Tidak semua kolesterol memiliki dampak buruk pada tubuh. Sebab, komponen ini memiliki beberapa jenis yang meliputi kolesterol jahat dan baik. Agar lebih jelas, berikut ini ada beberapa penjelasan dari jenis kolesterol yang ada dalam tubuh. Simak ulasannya berikut ini.

Low Density Lipoprotein (LDL)

Komponen pertama yaitu LDL dari jenis kolesterol jahat. Komponen ini bisa menumpuk pada pembuluh darah sehingga menimbulkan resiko penyempitan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi, membuat aliran darah dari atau ke jantung menjadi tersumbat. Karena alasan inilah mengapa orang sering terkena serangan jantung dan stroke. 

High Density Lipoprotein (HDL)

Pada jenis kolesterol yang kedua dikenal dengan sebutan HDL atau kolesterol baik. Sehingga jika kadar kolesterol HDL dalam tubuh semakin meningkat, maka justru akan semakin baik. HDL memiliki tugas untuk membawa LDL menjauh dari pembuluh darah dan kembali ke hati. Saat berada di hati LDL akan pecah dan keluar dari dalam tubuh.

Namun, bukan berarti LDL bisa hilang semua, mungkin hanya sepertiga atau seperempat dari LDL yang dibawa HDL. Jika kadar kolesterol baik mencukupi jumlahnya dalam tubuh, maka anda bisa terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Akan tetapi jika kadarnya kurang atau melemah, maka resiko terkena kedua penyakit tersebut cukup tinggi.

Trigliserida

Jenis kolesterol dalam tubuh yang ketiga yaitu Trigliserida, termasuk jenis lemak yang ada dalam tubuh. Komponen ini akan menyimpan kelebihan energi yang diperoleh dari makanan menjadi lemak. Jika komponen ini memiliki kadar yang tinggi dengan LDL tinggi dan HDL rendah, maka resiko terserang penyakit jantung dan stroke meningkat.

Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga kadarnya agar tetap normal. Jika kadar kolesterol tinggi, resiko tubuh terserang penyakit jantung dan stroke akan meningkat. Mengenal kolesterol dan jenisnya mampu mengatasi anda terkena penyakit mematikan tersebut. Sebaiknya jaga kesehatan dan atur pola hidup sehat.