Sal
Admin
Android enthusiast yang sangat suka teknologi terbaru
3 min read

Nafsu Makan Anak Turun? Inilah Cara Mengembalikannya

Posted in Tips

Nafsu makan anak yang turun menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Jika anak tidak mau makan berarti asupan gizi yang masuk ke tubuh sang anak menjadi berkurang. Hal tersebut bisa mengakibatkan permasalahan seperti kurang gizi, berat badan terlalu rendah, ataupun mudah terserang penyakit.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, akan menambah kekhawatiran orang tua. Apakah yang menjadi penyebab menurunnya nafsu makan anak? Jangan-jangan anak terkena virus Corona saat bermain bersama teman-temannya. Ataukah menurunnya karena hal lain? Tentu ini harus dicari penyebabnya lebih lanjut.

Cara Mengembalikan Nafsu Makan Anak

Di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara mengembalikan nafsu makan anak. Jika anda adalah orang tua yang memiliki anak dengan nafsu makan yang rendah, maka bisa juga menggunakan tips yang kami berikan di bawah ini.

Kenali Penyebab Menurunnya Nafsu Makan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mengenali terlebih dahulu penyebab menurunnya nafsu makan pada anak.

Ada beberapa penyebab, misalnya, memang si anak tidak suka makanan yang diberikan. Sebagian anak memang susah untuk makan sayur, tetapi suka sekali dengan makanan cepat saji seperti ayam krispi.

Penyebab yang lain misalnya adalah, anak sedang mengalami stres, ada permasalahan di sekolah, dengan teman atau guru nya. Hal ini menjadi beban pikiran pada anak sehingga tidak ingin makan seperti biasanya.

Memberikan Makanan dengan Menu yang Menarik dan Bervariasi.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, anak-anak sangat susah untuk makan sayur. Orang tua harus lebih cerdik bagaimana meramu menu makanan yang mengandung sayur, tetapi anak tetap doyan untuk makan menu tersebut. Misalnya saja, anak tidak mau makan sayur bayam, kita sebagai orang tua bisa saja membuat kripik bayam sehingga anak mau memakan kripik tersebut.

Selain itu, pilihan menu yang bervariasi juga harus dilakukan. Jika menu yang diberikan hanya itu-itu saja, pasti anak akan merasa bosan bukan?

Berikan Camilan yang Bergizi dan Lezat

Tips yang lain untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan memberikan camilan. Kita tau bahwa banyak orang suka ngemil, tentunya termasuk juga untuk anak-anak.

Jika anak mengalami penurunan nafsu makan, orang tua bisa memberikan camilan sebagai pengganti makanan utama. Tetapi kandungan gizi nya juga perlu diperhatikan.

Beberapa contoh makanan yang bisa dijadikan camilan sehat adalah seperti roti panggang dengan isi sayur dan telur. Kandungan roti adalah karbohidrat pengganti nasi, sedangkan telur yang merupakan lauk juga merupakan sumber protein.

Contoh makanan lain sebagai camilan adalah es krim. Ya, es krim bisa dikombinasikan dengan. buah-buahan, sehingga mengandung vitamin dan serat yang cukup untuk kebutuhan gizi anak-anak.

Memberikan Vitamin Pendukung Makanan Utama

Jika nafsu makan anak masih terus rendah, orang tua bisa juga memberikan suplemen vitamin untuk menambah asupan gizi bagi anak.

Salah satu vitamin pelengkap makanan utama adalah dari MS Glow Kids Herboost. MS Glow Kids Herboost adalah vitamin yang kaya akan ekstrak rempah-rempah. Vitamin ini berfungsi untuk menambah imunitas dan juga nafsu makan anak.

Salah satu kandungan utama dari MS Glow Kids Herboost adalah curcuma atau nama yang kita kenal adalah temulawak. Temulawak adalah salah satu rempah tradisional yang berfungsi untuk menambah nafsu makan.

Selain temulawak, kandungan penting lainnya adalah Centella Asiatica yang berfungsi untuk memelihara daya tahan tubuh anak.

Demikian informasi tentang cara menambah nafsu makan pada anak, semoga dapat mengatasi anak yang malas makan. Semoga bermanfaat.