Penyebab LCD HP Rusak Beserta Ciri-cirinya + Tips Mencegah

LCD HP rusak adalah salah satu jenis kerusakan HP yang menyebalkan. Hal ini karena LCD adalah salah satu komponen HP yang paling penting.

Jika LCD HP kita rusak, tentunya kita tidak dapat menggunakan HP kita dengan maksimal. Apalagi jika kerusakannya parah, kita harus segera menggantinya memperbaiki LCD tersebut.

Selain LCD, touchscreen juga merupakan komponen yang penting. Biasanya orang menganggap bahwa LCD dan touchscreen ini adalah hal yang sama. Padahal keduanya adalah perangkat yang berbeda.

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, fungsinya adalah untuk menampilkan gambar. Jika LCD kamu rusak akibatnya adalah gambar yang tampil di layar akan terganggu.

Contoh kerusakan LCD adalah ketika di layar HP kita muncul seperti cairan.

Touchscreen atau dalam bahasa Indonesia berarti layar sentuh, adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menerima input dari sentuhan jari kita.

Jika touchscreen HP saja yang rusak, maka layar LCD HP tetap dapat menampilkan gambar, meskipun ketika kita sentuh bisa jadi tidak responsif.

Melihat pentingnya dua komponen ini, maka kita harus selalu merawat layar HP yang kita miliki dengan baik. Sayangnya, banyak orang yang masih belum tau bagaimana cara merawat LCD HP agar tidak cepat rusak.

Pada artikel kali ini sadapandroid.com akan membahas panjang lebar mengenai ciri ciri LCD HP rusak โ€“ termasuk di dalamnya adalah touchscreen. Tidak hanya itu, kami juga akan membahas mengenai tips agar LCD HP tidak mudah rusak.

Simak penjelasannya berikut ini.

10 Ciri-ciri LCD HP Rusak yang Harus Diketahui

Ada beragam ciri bahwa LCD HP kamu sudah mulai rusak. Kami akan menjelaskannya dengan sangat detail. Bisa jadi kerusakan yang terjadi bukan karena LCD, melainkan touchscreen, ataupun dari sisi software. Simak ciri-ciri kerusakan layar di bawah ini:

1. Dead Pixel atau Titik Hitam

dead pixel dan garis

Jenis kerusakan LCD yang pertama adalah dead pixel. Dead pixel atau yang dikenal dengan titik hitam pada layar adalah salah satu ciri LCD HP rusak yang paling sering ditemui.

Dead pixel ini ditandai dengan adanya titik hitam di layar. Kamu mungkin mengira titik itu adalah debu kotor. Tetapi sayangnya, ketika kamu coba bersihkan layar dengan menggunakan lap titik hitam itu tidak bisa hilang!

Jika titik dead pixelnya kecil, layar kamu mungkin akan tetap berjalan sesuai fungsinya. Tetapi kamu mungkin akan merasa jengkel karena dead pixel itu benar-benar mengganggu.

Kerusakan karena dead pixel ini harus diwaspadai ketika kamu membeli HP baru. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada dead pixel di layarnya. Mereka baru menyadari setelah dipakai beberapa minggu. Oleh karena itu, ketika membeli HP, pastikan layar HP nya tidak ada dead pixel.

Biasanya, kerusakan LCD karena dead pixel ini akan bertambah parah seiring dengan berjalannya waktu. Jika kamu merasa dead pixelnya sudah terlalu banyak, ada baiknya kamu segera mengganti LCD HP mu dengan yang baru.

2. LCD Bergaris Horizontal atau Vertikal

Ciri kerusakan LCD HP yang kedua adalah LCD Bergaris. Kerusakan ini ditandai dengan munculnya garis lurus bisa horizontal ataupun vertikal.

Ada beberapa hal yang menyebabkan LCD HP menjadi bergaris seperti ini, di antaranya adalah:

  • Karena HP terjatuh. Ketika HP kamu jatuh, mungkin saja terjadi goncangan yang menyebabkan munculnya garis di layar. Karena kerusakan ini berasal dari perangkat fisik LCD nya, maka garis yang muncul tidak bisa dihilangkan.
  • Layar HP tertekan oleh sesuatu benda. Jika kamu suka menyimpan HP di dalam tas bersamaan dengan barang-barang lain. maka kamu harus lebih berhati-hati. Bisa jadi layar HP kamu ketindihan oleh benda tertentu yang menyebabkan LCD menjadi bergaris.
  • Konektor Layar bermasalah. Penyebab LCD bergaris yang satu ini mungkin tidak dapat diketahui tanpa membongkar HP. Namun, bisa jadi ini merupakan efek dari HP yang pernah terjatuh.

Layar LCD yang sudah bergaris biasanya tetap dapat digunakan, tetapi garus yang muncul pasti membuat mu tidak nyaman.

Semakin lama, garis yang muncul akan semakin banyak. Bahkan tidak jarang akan muncul dead pixel juga.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus merogoh kocek untuk mengganti LCD HP mu.

3. Ghost Touch yang Menjengkelkan

Ciri kerusakan HP yang ketiga adalah Ghost Touch. Seperti namanya, jenis kerusakan ini bagaikan hantu karena layar kamu tiba-tiba dapat tersentuh sendiri padahal kamu tidak menyentuh bagian layar itu.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, jangan buru-buru untuk membawanya ke service center HP. Cobalah untuk melakukan restart HP dan lihat apakah ghost touch masih terjadi.

Jika setelah restart masih terjadi ghost touch, maka coba juga untuk melakukan factory reset HP.

Biasanya setelah restart/factory reset, masalah ghost touch ini akan hilang.

4. Layar HP Tidak Respon Ketika Disentuh

Sering mengalami layar HP tidak respon? Bisa jadi layar kamu mulai rusak.

Layar yang tidak respon ini bisa jadi seluruh layar tidak respon sama sekali, ataupun bisa juga hanya sebagian layar.

Kerusakan ini sesegera mungkin harus di atasi, karena mengakibatkan kamu tidak dapat mengoperasikan HP dengan baik.

Eitss tapi jangan kuatir dulu, kadang-kadang layar HP yang tidak respon juga bisa disebabkan karena software. Misalnya, kamu terlalu banyak membuka aplikasi sehingga layar HP mu jadi panas.

Hal seperti itu biasanya menyebabkan layar HP menjadi tidak responsif. Solusinya tentu saja dengan merestart HP dan menghapus aplikasi yang tidak kamu gunakan.

5. Touchscreen HP Kurang Sensitif

Jenis kerusakan yang kelima adalah touchscreen HP kurang sensitif. Kerusakan ini biasanya kamu rasakan ketika mengetik tombol yang kamu tekan tidak kunjung muncul di layar.

Jika sekali dua kali menekan tidak sensitif, mungkin tidak menjadi masalah. Lain halnya ketika kamu sudah memencet-mencet layar, tetapi tidak terjadi perubahan di layar. Pastinya hal ini sangat menjengkelkan.

Jika kamu suka berman game di HP, permasalahan akan sangat mengganggu permainan kamu. Kontrol kamu terhadap karakter di game menjadi tidak akurat.

Nah daripada kamu jengkel terus-terusan karena touchscreen yang kurang sensitif, lebih baik kamu ke service center untuk memeriksakan kondisi HP mu.

6. Layar HP Retak

lcd hp retak

Ciri kerusakan LCD yang ke enam adalah Layar HP retak. Kerusakan ini bisa terjadi karena HP terjatuh. Tingkat keretakan layar akan di perparah jika saat jatuh posisi layar HP tepat menghadap ke bawah.

Jika layar HP yang retak tidak terlalu banyak, seharusnya fungsi layar tetap berjalan dengan baik.

Bagaimana cara memperbaiki layar HP yang retak? tentunya kamu harus mengganti layar dengan yang baru.

Untuk mencegah layar HP retak, kamu bisa memasang temper glass di HP kamu. Temper glass tidak hanya melindungi layar terhadap goresan benda tajam, tetapi juga dapat melindungi ketika HP jatuh, temper glass nya dulu yang retak.

7. Layar HP Pecah

Ciri kerusakan LCD yang ke tujuh adalah Layar HP Pecah. Layar yang pecah biasanya harus langsung diganti dengan yang baru. Karena meskipun HP masih bisa menyala, tetapi jika layarnya tidak dapat disentuh pastinya akan sia-sia.

Layar HP yang pecah merupakan tingkat kerusakan yang lebih parah dari HP retak. Sama seperti layar yang retak, pecahnya layar HP bisa terjadi karena HP terjatuh dari posisi yang agak tinggi. Ketika jatuh, layar yang menghadap ke bawah mengakibatkan benturan yang sangat keras terhadap layar sehinggap menyebabkan layar menjadi pecah.

Cara memperbaiki Layar HP pecah sudah pasti harus diganti dengan layar yang baru.

8. Layar Burn-in

Ciri kerusakan LCD yang ke delapan adalah layar burn-in. Kerusakan dengan jenis ini seringkali ditemui pada LCD berjenis IPS dan Amoled.

Terjadinya burn-in pada layar bukan diakibatkan dari kesalahan penggunaan sehari-hari. Melainkan karena memang cacat pabrik dan kerusakan perangkat.

Jika kamu mengalami hal seperti ini, ada baiknya kamu periksakan ke tempat reparasi HP sesuai merk HP yang kamu punya.

9. Tidak ada Backlight di Layar (No Backlight)

No Backlight adalah salah satu jenis kerusakan LCD yang juga sering dijumpai. No backlight ini ditandai dengan layar yang berwarna gelap, seperti pencahayaan kurang, tetapi sebenarnya masih dapat menampilkan gambar dari HP.

No backlight bisa disebabkan karena terjadi short circuit / konslet, atau karena benturan keras terhadap HP.

Solusi untuk mengatasi no backlight adalah dengan membawa HP mu ke tukang reparasi. Cobalah untuk menanyakan apakah bisa di perbaiki tanpa mengganti LCD.

Jika ternyataa tidak bisa, maka siap-siaplah untuk menyiapkan dana lebih untuk membeli LCD pengganti.

10. Layar HP Tidak Menampilkan Apapun (No Display)

Ciri LCD HP rusak yang terakhir adalah No DisplayNo display ini berbeda dengan no backlight.

Pada no backlight layar masih dapat menampilkan gambar โ€“ hanya layar tetap berwarna gelap. Tetapi jika LCD kamu No Display, maka layar sama sekali tidak dapat menampilkan apapun.

Hal ini berarti layar HP mu memang benar-benar telah rusak.

Kerusakan no display disebabkan karena kerusakan komponen utama dari LCD tersebut.

Satu-satunya cara mengatasi layar HP no display adalah dengan mengganti LCD.

Biaya Penggantian LCD HP yang Rusak

Setelah kamu membaca ciri-ciri LCD HP rusak di atas, semoga kamu sudah memiliki gambaran tentang masalah LCD HP yang kamu miliki.

Jika kamu memutuskan untuk mengganti LCD mu, maka kamu harus menyiapkan uang yang mungkin tidak sedikit.

Harga LCD sangat beragam tergantung dari jenis HP yang dimiliki. Ada HP yang LCD nya hanya seratus ribu, tetapi ada juga HP yang LCD penggantinya sampai harga jutaan.

Harga LCD iPhone

Berikut ini adalah beberapa daftar harga LCD untuk iPhone

  • Harga LCD iPhone 5 dan 5S: kisaran 135 ribu rupiah.
  • Harga LCD iPhone 6: kisaran 200 ribu rupiah.
  • Harga LCD iPhone 6, 6S, 6S Plus: kisaran 250 ribu rupiah.
  • Harga LCD iPhone 7, 7 Plus: kisaran 400 ribu rupiah.
  • Harga LCD iPhone 8: kisaran 300 ribu rupiah.
  • Harga LCD iPhone X: kisaran 1,1 juta rupiah.

Catatan: harga LCD di atas bukan original Apple, melainkan kualitas premium. Jika beli LCD dari copotan iPhone ori harganya bisa mencapai jutaan

Bagi kamu yang HP nya masih dalam masa garansi, tentunya bisa manfaatkan garansi tersebut untuk memperbaiki layar LCD.

Penyebab LCD Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri LCD HP rusak, maka ada baiknya kamu mengetahui juga penyebab LCD rusak. Dengan mengetahui apa saja yang menyebabkan layar HP rusak, kamu akan lebih hati-hati dengan smartphone yang kamu punya.

Beberapa penyebab LCD rusak adalah:

  • Kerusakan Komponen LCD
  • Kerusakan bawaan dari pabrik
  • Terkena air panas atau alkohol
  • Panas berlebih pada HP

Tips Agar LCD Tidak Mudah Rusak

smartphone

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar LCD yang kamu miliki tidak mudah rusak, di antaranya adalah:

  • Jika kamu merasal HP kamu terlalu panas, hentikan pemakaian untuk sementara. Matikan HP bila perlu.
  • Jika HP terkena air dalam jumlah yang lumayan banyak, segera matikan dan lap hingga kering.
  • Gunakan charger original ketika mengecas baterai HP.
  • Jangan bermain game sambil mengecharge HP, karena akan mengakibatkan panas berlebih.
  • Gunakan temper glass.

Kesimpulan

Mengingat pentingnya layar LCD HP, maka kita harus berusaha sebaik mungkin merawat HP yang kita miliki.

Untuk mencegah LCD agar tidak mudah rusak, kamu bisa mengikuti tips yang sudah disebutkan di atas.

Jika ternyata LCD kamu sudah ada tanda-tanda kerusakan, maka jangan ragu untuk pergi ke service center dari HP yang kamu miliki. Penanganan yang tepat akan memberikan hasil yang memuaskan.

Sekian artikel ini kami akhiri, jika memiliki pengalaman tentang LCD HP rusak, mungkin kamu bisa membaginya di sini di kotak komentar.

Semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment