Perbedaan Hacker dan Cracker yang Wajib Kamu Tau

Apakah akun FB kamu pernah kena hack? Jika pernah kamu pasti juga pernah mendengar istilah hacker. Ketika FB kena hack, barangkali kamu langsung bertanya-tanya siapa sih hacker nya?

Istilah hacker adalah istilah yg seringkali beredar di masyarakat. Hacker dianggap sebagai sesuatu yang negatif dan berbahaya. Selain hacker sebenarnya ada satu lagi istilah yang harusnya kita tau, yaitu cracker. Apa itu cracker? bukan biskuit crackers ya teman. Cracker itu tidak jauh berbeda dengan hacker. Namun ada perbedaan yang jelas di antara keduanya. Bahkan tidak jarang kita sering kebalik-balik dalam menyebut istilah hacker dan cracker. Apa itu perbedaan hacker dan cracker? Mari simak tulisan sadapandroid tentang perbedaan hacker dan cracker berikut ini.

Apa itu Hacker?

Hacker dalam definisinya adalah seseorang yang sedang mempelajari, melakukan modifikasi, analisa, ke dalam jaringan komputer bertujuan untuk mencari keuntungan atau terkadang untuk mencari tantangan sebagai media untuk menguji keahliannya.

Hacker adalah orang yang melakukan aktifitasnya yaitu mempelajari, modifikasi, dan menyerang (dengan tujuan baik) dengan tujuan untuk mencari kelemahan pada sistem yang nantinya akan dilaporkan ke pemilik sistem tersebut. Hacker seperti ini biasanya adalah hacker profesional yang dibayar untuk melakukan uji keamanan terhadap suatu sistem. Beberapa perusahaan atau pemerintah seringkali menyewa hacker untuk memperkuat aplikasi/sistem yang mereka miliki.

Hacker profesional seperti ini ada sertifikasinya lho. Artinya hacker yang melakukan hacking dengan legal bisa menjadi suatu pekerjaan dan halal dilakukan.

Selain itu ada hacker yang melakukan aktifitas hacking untuk kesenangan belaka atau bahkan mencari keuntungan. Kebanyakan, hacker seperti ini adalah script kiddies, yaitu orang yang iseng-iseng mencoba-coba script untuk melakukan hack. Biasanya yang seperti ini masih dalam tahap belajar.

Apa itu Cracker

Istilah cracker mungkin jarang kita dengar. Padahal cracker inilah yang harus lebih kita waspadai.

Cracker adalah orang-orang yang mencoba masuk ke sistem bertujuan untuk merusak. Apa saja yang cracker lakukan? sesuai namanya “crack” pasti teman-teman sering dengan istilah software crack-crackan? Ya, itu adalah kelakuan dari cracker. Cracker melakukan perusakan aplikasi/program, membobol password, merubah halaman website, membajak software, dan masih banyak lagi hal negatif lainnya.

Perbedaan Hacker dan Cracker

Dari Penjelasan di atas, semoga teman-teman sudah cukup paham apa perbedaan hacker dan cracker. Hacker seringkali disalah artikan sebagai orang jahat. Padahal hacker sebenarnya adalah orang baik yang membantu untuk memperkuat keamanan sistem/aplikasi yang kita punya. Sedangkan cracker adalah perusak yang harus kita waspadai.

Untuk lebih memperjelas perbedaan hacker dan cracker, sadapandroid akan lebih merinci lagi perbedaan karakter di antara hacker dan cracker

Sifat yang dimiliki seorang Hacker adalah sebagai berikut:

  1. Hacker mempunyai kemampuan analisa terhadap suatu sistem dengan sangat baik
  2. Hacker memiliki etika ketika melakukan aktifitas hacking
  3. Hacker adalah orang yang haus akan rasa ingin tahu, suka mencoba hal baru dan mengikuti perkembangan teknologi terkini
  4. Hacker suka membagi ilmunya kepada orang lain
  5. Hacker tidak pernah menyalahgunakan kemampuannya untuk merusak sistem
  6. Hacker tidak pernah mencuri uang atau dokumen berharga

Sementara, sifat yang dimiliki seorang cracker adalah sebagai berikut:

  1. Cracker mempunyai kemampuan sama seperti hacker, tetapi digunakan untuk merusak sistem untuk kepentingan pribadi
  2. Cracker adalah orang-orang yang tersembunyi, meskipun ada juga yang memiliki kelompok untuk melakukan aktifitasnya secara bersama-sama
  3. Cracker mencari keuntungan dengan cara yang tidak baik, misalnya pencurian kartu credit, ATM, atau membobol situs untuk mendapatkan data penting

Demikian ya teman, penjelasan dari sadapandroid tentang perbedaan hacker dan cracker. Kami juga sudah merinci apa sifat dan karakter di antara keduanya. Semoga dengan ini, kita tidak salah lagi menyebut mereka.

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment