Sal
Admin
Android enthusiast yang sangat suka teknologi terbaru
2 min read

Tips Mengatasi Google Play Store Force Close

Posted in Android

Masalah force close atau tiba-tiba berhenti pada aplikasi juga bisa dialami oleh Play Store. Meskipun termasuk aplikasi bawaan, namun Play Store juga kerap mengalami masalah tersebut. Penyebab umumnya biasanya karena banyaknya cache pada memori penyimpanan serta pada aplikasi tersebut. Untuk mengatasi Play Store yang mengalami hal tersebut, anda bisa mencoba beberapa cara yang cukup mudah. Jangan terburu-buru membawa perangkat ke service center untuk mengatasi masalah tersebut.

Cobalah atasi dengan menghapus cache, data sementara, sampai upgrade ke versi terbaru. Play Store merupakan sumber terpercaya dalam penyediaan aplikasi android. Tentu saja jika mengalami force close, anda akan kesulitan dalam mendapatkan aplikasi yang diinginkan. Atau ketika ingin melakukan update aplikasi juga terhambat karena Play Storenya sendiri tidak bisa dijalankan.

Cara Mengatasi Google Play Store Force Close

Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk tips dalam mengatasi Google Play Store yang mengalami Force Close.

1. Hapus cache

Penumpukan cache aplikasi yang terlalu banyak membuat kinerja Play Store terhambat. Dengan menghapus cache, Play Store pun akan terasa lebih ringan. Selain menggunakan Clean Master, anda bisa menggunakan cara manual untuk menghapus cache aplikasi. Buka menu Pengaturan di smartphone. Klik Setelan Tambahan dan Manajemen Aplikasi. Cari Play Store dan pilih menu Hapus Cache.

2. Hentikan dan hapus data Play Store

Data seperti cache, history pencarian, bookmark, dll bisa anda hapus terlebih dulu untuk meringankan Play Store. Cara menghapus data-data sementara tersebut dengan masuk ke menu Pengaturan di smartphone. Pilih submenu Setelan Tambahan dan klik Manajemen Aplikasi. Cari menu Google Play Store dan tap pilihan Paksa Berhenti dan Hapus Data.

3. Update aplikasi ke versi terbaru

Aplikasi Play Store juga memerlukan update terbaru layaknya aplikasi biasa. Anda bisa meng-update Play Store terbaru melalui Google Play Store langsung. Masuk ke Setelan di Play Store dan scrol sampai ke Versi Bentukan. Perbarui jika ada opsi untuk download versi baru. Jika tidak tersedia, maka akan muncul pop-up bertuliskan Versi Google Play Store Sudah Yang Terbaru. Maka jika demikian, lanjut ke cara lainnya.

4. Reboot smartphone

Cobalah istirahatkan smartphone untuk beberapa saat. Matikan ponsel dan cabut SIM serta SD Card. Cabut juga baterainya jika jenis baterai masih non-removable. Diamkan perangkat beberapa saat. Kemudian pasang semuanya seperti biasa dan hidupkan smartphone. Coba buka Play Store kembali. Bisa jadi masalah Force Close ini terjadi karena sistem perangkat yang terlalu sibuk sehingga tidak mampu mengoptimalkan setiap perintah terkait sistem.

Demikian beberapa tips mengatasi Force Close pada Play Store. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.