3 Tips Teknologi Kehidupan yang Seimbang untuk Aktivitas Sehari-Hari

  • Whatsapp
teknologi kehidupan

Idealnya, kehadiran teknologi dan perkembangannya adalah untuk membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Meski demikian, apabila teknologi kehidupan tidak dimanfaatkan dengan cara yang tepat, justru keberadaannya malah akan menimbulkan masalah.

Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan teknologi dengan cara yang tepat, ya? Untuk membantu Anda, simak 3 tips teknologi kehidupan berikut ini, yuk!

1. Gunakan teknologi untuk mengatur prioritas.

Meskipun keberadaan teknologi dapat membantu Anda multi-tasking, alias melakukan beberapa tugas sekaligus. Tak jarang hal tersebut justru membuat Anda jadi tidak produktif. Pasalnya, ingat bahwa produktif bukan berarti melakukan tugas sebanyak mungkin. Produktif adalah mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang jadi target Anda pada kurun waktu tertentu.

Salah satu contoh mengelola prioritas dengan bantuan teknologi adalah memanfaatkan aplikasi seperti Google Calendar. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa atur apa saja tugas yang perlu Anda lakukan tiap hari. Tentukan juga jamnya untuk membantu Anda memastikan tidak ada tugas yang terlupakan atau terbengkalai. Dengan demikian, target produktivitas Anda pun bisa tetap tercapai.

2. Gunakan teknologi untuk komunikasi yang efisien.

Salah satu aspek kehidupan yang berkembang sangat pesat berkat kehadiran teknologi adalah komunikasi. Contohnya mudah saja, yaitu kehadiran berbagai aplikasi perpesanan yang membuat mengobrol jadi lebih mudah dan real time. Bahkan Anda bisa mengobrol dengan fitur video call atau call conference sehingga Anda tetap dapat bertatap muka terlepas dari jarak.

Hanya saja, bukan berarti Anda lantas membiarkan teknologi komunikasi ini justru malah menjadi distraksi. Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, Anda bisa pilih untuk mematikan notifikasi pesan agar tidak tergangg. Jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi dari orang-orang penting saja seperti keluarga. 

Di samping itu, gunakan juga teknologi untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien dalam urusan apapun. Sebagai contoh, ketika Anda sedang tugas atau dinas ke luar kota dan perlu berkoordinasi dengan rekan di kantor, Anda bisa gunakan aplikasi seperti Zoom atau Google Duo untuk kemudahan berdiskusi. Bahkan jika Anda dan rekan kerja harus melakukan presentasi dari jarak jauh sekalipun.

3. Gunakan teknologi untuk mengakses konten yang bermanfaat.

Salah satu manfaat terbesar dari adanya teknologi adalah kemudahan dalam mengakses informasi secara real time dengan mudah. Meski begitu, Anda pun perlu menyadari bahwa informasi yang beredar setiap harinya bisa mencapai jutaan, dan Anda tentu tidak punya cukup waktu untuk mengakses semuanya, kan? Dan di sinilah prioritas memainkan peran penting.

Akseslah konten yang memang Anda rasa benar-benar bermanfaat dan relevan bagi Anda. Apabila Anda memang tidak tertarik dengan konten viral, Anda tak perlu paksakan mengecek aplikasi media sosial setiap beberapa jam. Malah Anda bisa gunakan waktu Anda untuk mengakses konten yang Anda rasa lebih bermanfaat, misalnya video tutorial memasak dan sebagainya.

Demikan adalah tiga hal penting sebagai tips teknologi kehidupan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *