Cara Menghindari Pulsa Terpotong di HP Xiaomi

Cara menghindari pulsa terpotong di HP Xiaomi terutama saat paket internet tidak aktif. Pulsa utama terpotong secara tidak sengaja tentu sangat merugikan dan menjengkelkan.vMeskipun hanya terpotong beberapa ratus perak saja, tetapi saat isi ulang tidak bisa di isi nominal kecil.

Anda tidak bisa mengisi lagi dengan hanya jumlah yang terpotong saja. Sehingga mau tak mau harus di isi lagi dengan nominal besar agar bisa mencukupi pembelian paket yang ingin dibeli. Hal ini tentu sangat merugikan banyak konsumen dan parahnya bisa terjadi berulang kali.

Sebut saja Indosat, XL, Telkomsel, dan operator lainnya pasti pernah di komplain konsumen karena pulsa terpotong secara tidak wajar.

Nah, bagi pengguna HP Xiaomi pastinya juga pernah mengalami hal yang tidak mengenakan ini bukan ? Ada cara ampuh menghindari pulsa terpotong secara tidak sengaja di HP Xiaomi.

Cara Menghindari Pulsa Terpotong di HP Xiaomi

Saat paket internet sedang kondisi tidak aktif, pulsa utama sangat rentan sekali tersedot untuk digunakan sebagai tarif pemakaian data.

Untuk menghindari pulsa utama terpotong saat paket internet tidak aktif, pastikan mobile data selalu dalam kondisi off.

Pada HP Xiaomi versi MIUI apapun, anda dapat mematikan mobile data pada pengaturan cepat yang tersedia di atas layar. Ketuk ikon mobile data untuk mematikannya dan otomatis anda tidak bisa melakukan akses internet lagi.

Setelah mematikan mobile data pada HP Xiaomi, secara logika memang data internet sudah tidak digunakan. Namun diluar dugaan ternyata masih banyak pengguna yang mengeluh karena pulsa masih saja terpotong.

Ini dapat terjadi pada semua operator seluler, sebut saja Indosat, Telkomsel dan XL atau operator lain.

Pulsa Masih Terpotong Padahal Mobile Data Sudah OFF ?

Mengapa pulsa masih terpotong meskipun mobile data sudah dimatikan ? Hal ini tentu sangat membingungkan banyak pengguna.

Jika anda komplain ke Customer Service operator maka hanya akan dijawab pemotongan terjadi karena adanya penggunaan data pada ponsel anda. Dan biasanya pulsa yang terpotong tidak akan dikembalikan meskipun anda komplain.

Usut punya usut ternyata mematikan mobile data saja masih belum cukup. Anda juga harus mengubah jaringan secara manual ke jaringan 2G only agar pulsa utama anda tidak tersedot akibat penggunaan background data internet.

Pada HP Xiaomi anda dapat masuk ke Settings -> Sim Cards -> pilih Sim Cards yang aktif -> Preferred Network Type.

Pada menu Network Type biasanya terdapat tiga pilihan yaitu LTE atau jaringan 4G, prefer 3G dan 2G only.

Pilih 2G Only supaya jaringan 4G sepenuhnya tidak bisa digunakan lagi, sehingga pulsa utama anda 100% aman dari tarif pemakaian data.

Anda juga bisa memilih menu “prefer 3G” agar jaringan bisa berpindah dari 4G ke 3G yang digunakan sebagai utama. Namun tidak disarankan jika tujuannya untuk melindungi pulsa utama anda.

Sebab jika anda memilih menu “prefer 3G” artinya HP Xiaomi anda masih akan menggunakan jaringan 4G saat jaringan 3G melemah, sehingga menu yang paling tepat untuk mematikan penggunaan data adalah 2G only.

Mobile Data Off dan Sudah 2G Only tapi Masih Terpotong Juga ?

Pastinya memang sangat menyebalkan jika hal ini masih terjadi. Tidak heran jika operator seluler dijuluki sebagai maling pulsa.

Tetapi tunggu dulu, bisa jadi ini bukan kesalahan operator dan ternyata andalah yang salah karena tidak hati-hati.

Pernahkah anda mengakses website yang menampilkan pop-up mencurigakan ? Jika anda menjumpainya, jangan di klik sama sekali, tetapi langsung close tab atau paksa browser anda untuk keluar dari web itu segera.

Sebab pop-up itu biasanya adalah jebakan yang disediakan oleh oknum untuk mengaktifkan nada sambung berbayar atau sejenisnya tanpa sepengetahuan anda.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment