Aplikasi Zoom, Alternatif Aplikasi Video Conference Selain Aplikasi Zoom

  • Whatsapp
Aplikasi Zoom. Alternatif Aplikasi Video Conference Selain Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom memang merupakan aplikasi yang sangat populer dalam membantu melakukan aktivitas online tatap muka seperti rapat online, pembelajaran online, seminar online, dan lain-lain.

Ditambah dengan kondisi saat ini yang mengharuskan Anda untuk tinggal di rumah dan terhindar dari keramaian akibat pandemi Covid 19.

Aplikasi zoom dapat menjadi penyelamat bagi Anda semua dalam menjalankan komunikasi sehari-hari. Sayangnya, baru-baru ini muncul keluhan tentang privasi dan keamanan aplikasi Zoom.

Alternatif Aplikasi Video Conference Selain Aplikasi Zoom

Untuk itu Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan privasi. Berikut adalah aplikasi konferensi video alternatif yang dapat Anda gunakan selain dari aplikasi zoom itu sendiri.

Baca juga: 5 Aplikasi Podcast di Android Terbaik

7 Aplikasi Video Conference Ini Bisa Anda Jadikan sebagai Alternatifnya

1. Skype
Aplikasi Zoom.  Alternatif Aplikasi Video Conference Selain Aplikasi Zoom
Skype

Aplikasi ini adalah aplikasi panggilan video yang sudah ada sejak tahun 2003. Kehadiran Skype bisa membuat Anda melakukan panggilan video dengan banyak teman Anda yang merupakan pengguna aplikasi ini.

Bahkan sekarang Skype memiliki fitur baru yang disebut Meet Now untuk konferensi video yang melibatkan banyak orang.

Yang membedakan fitur ini pada umumnya adalah fitur ini dapat mengundang teman-teman Anda yang menggunakan Skype dan juga teman-teman Anda yang bukan pengguna aplikasi ini. Tak hanya itu, fitur Meet Now dapat menyimpan video yang direkam selama 30 hari.

2. Cisco Webex
Aplikasi Zoom.  Alternatif Aplikasi Video Conference Selain Aplikasi Zoom
Cisco Webex

Webex adalah aplikasi konferensi video lama. Muncul dari tahun 90-an, webex akhirnya bekerjasama dengan Cisco pada tahun 2007.

Aplikasi ini awalnya lebih populer di kalangan aplikasi bisnis dan memiliki tujuan utama untuk melayani perusahaan.

Fitur yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Webex adalah dapat menampung hingga 100 peserta dalam satu kali konferensi video. Selain itu, Webex tidak membatasi waktu konferensi videonya.

3. GoToMeeting
GoToMeeting

Aplikasi ini merupakan aplikasi konfigurasi video yang memiliki banyak fitur. Seperti aplikasi lainnya, dan juga memungkinkan Anda untuk menjalankan rapat, mengirim pesan singkat selama konferensi video, serta penjadwalan rapat yang komprehensif.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda membuat ruang pertemuan virtual Anda sendiri, dengan tautan terpisah untuk memastikan privasi.

4. Google Duo
Google Duo
Google Duo

Merupakan aplikasi panggilan grup yang sangat sederhana untuk mengobrol yang dapat menampung hingga delapan orang. Ini berfungsi melalui aplikasi untuk Android atau iOS, serta di situs web.

5. FreeConference
FreeConference
FreeConference

Sesuai dengan namanya, FreeConference menawarkan panggilan konferensi video yang canggih tanpa biaya. Anda akan menemukan lebih banyak fitur berorientasi bisnis untuk layanan ini daripada yang lain, seperti nomor panggilan masuk untuk peserta audio.

FreeConference memungkinkan Anda menjadwalkan rapat dan mengirim pengingat secara otomatis, tetapi Anda juga dapat memulai rapat secara instan.

6. Facetime
Facetime
Facetime

Aplikasi Facetime merupakan produk Apple yang hanya dapat digunakan di semua produk Apple seperti iPhone, iPand, dan Pod Touch. Facetime diklaim mampu menampung hingga 32 orang dalam satu video call.

Aplikasi ini dapat menggunakan kamera depan atau kamera belakang untuk menunjukkan suatu objek kepada peserta dalam grup panggilan video. bagi anda yang memiliki perangkat Apple

7. Google Hangouts Meet
Google Hangouts Meet
Google Hangouts Meet

Bagi Anda yang bisnisnya sangat mengandalkan layanan Google G Suite, aplikasi Google Hangouts Meet bisa menjadi fasilitas konferensi video terbaik.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini terkoneksi dengan layanan Google lainnya, sehingga memudahkan dalam mengundang rekan satu tim untuk melakukan video conference.

Padahal, undangan meeting di aplikasi Google Calendar sudah terkoneksi dengan Google Hangout Meet, jadi Anda tidak perlu repot mencari cara untuk mengikuti video conference tersebut.

Baca juga: Aplikasi Pembersih Terbaik untuk Ponsel Android pada tahun 2021

Nah..Itu 7 rekomendasi aplikasi video conference terbaik yang bisa Anda gunakan. Dari Masing-masing aplikasi tersebut tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya masaing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *