Cara Buat Email dari HP Langsung Jadi Nggak Pakai Ribet

Email adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh kita semua di era teknologi informasi seperti ini.

Fungsi email sebenarnya adalah untuk mengirim surat elektronik, yang mana pada jaman dahulu ada pak pos yang bertugas mengambil dan mengantarkan surat dari pengirim ke penerima surat dimanapun mereka berada. Pada jaman sekarang, fungsi email bukan hanya untuk mengirim surat (elektronik mail), tetapi juga berfungsi sebagai identitas kita di dunia maya.

Kita ambil contoh, misalnya kita ingin mendaftar di sebuah website, Tokopedia misalnya, tentunya kita harus mengisi alamat email kita di form registrasi Tokopedia. Email tersebut digunakan untuk mengirim informasi terkait aktivitas kita di Tokopedia.

Contoh yang lain yang sangat erat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah HP yang kita pegang. Ketika kita beli hp pertama kali, pasti kita diminta untuk memasukkan alamat email kita untuk mengidentifikasi bahwa HP yang kita punya adalah benar-benar milik kita.

Jadi sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa fungsi email menjadi semakin penting sekarang ini.

Cara Buat Email dari HP

Meskipun email sangat dekat dengan kita, tapi ada banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa dia punya email. Hal ini biasanya terjadi pada kalangan orang tua yang ketika beli HP baru, minta di setting kan sekalian oleh toko penjual HP. Penjual HP tersebut pasti akan membuat kan email untuk pembelinya supaya HP tersebut bisa digunakan dengan baik. Tentunya jika pembeli tidak punya alamat email dan tidak paham tentang apa itu email.

Pada penjelasan cara buat email dari HP ini, saya akan menjelaskan cara membuat email menggunakan Gmail ya. Kenapa Gmail? pastinya ada banyak keuntungan pakai email Gmail, Teman-teman bisa cek ulasan Sadap Android tentang Keuntungan pakai email Gmail.

Membuat email dari Hp tidak sesulit yang dibayangkan. Setidaknya, ada dua cara untuk buat email dari HP langsung jadi. Cara pertama adalah membuat akun dari pengaturan akun HP Android, dan yang kedua adalah pakai browser. Saya akan menjelaskan cara buat email dari pengaturan akun yah, karena lebih mudah juga.

Pertama-tama buka menu Pengaturan pada HP yang Anda miliki. Icon pengaturan biasanya berbentuk gear, Jika Anda menggunakan bahasa Indonesia maka namanya adalah “Pengaturan”, tetapi jika Anda menggunakan bahasa Inggris di HP, maka namanya adalah “Settings”

Di HP yang saya miliki bentuknya seperti ini,

Setelah ketemu, cari menu Accounts (atau Akun kalau Anda pakai bahasa Indonesia). Setelah ketemu, tampilannya kurang lebih kayak gini

Tekan + Add Account (atau tambahkan Akun), Anda akan diarahkan ke halaman pilihan untum memilih akun apa yang akan Anda buat. Di sini kita pilih “Google” untuk membuat akun email baru

Pada halaman Sign In with your Google Account, di pojok kiri bawah tekan Create Account (Buat Akun) dan pilih yang “For myself” (Untuk diri Anda sendiri)

Isikan nama depan dan nama belakang Anda kemudian tekan Next (Selanjutnya)

Pada halaman ini Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP. Kenapa sih pakai nomor HP segala? Ini adalah metode Google untuk memastikan bahwa Anda benar-benar orang, dan bukan robot.

Setelah Anda memasukkan nomor HP, Google akan mengirimkan SMS berupa kode verifikasi yang harus Anda masukkan di halaman selanjutnya. Biasanya HP Anda akan otomatis memasukkan kode tersebut, jadi Anda tidak perlu khawatir

Namun jika tidak terisi secara otomatis, Anda tinggal memasukkan kode tersebut dan tekan Next (Selanjutnya)

Di halaman ini Anda harus memasukkan informasi tanggal lahir dan jenis kelamin Anda, Setelah itu tekan Next

Oke, ini adalah halaman terpenting yang harus Anda isi. Di halaman ini Anda harus memasukkan alamat email yang Anda pilih. setelah klik Next, Google akan mengecek apakah email yang Anda pilih tersedia.


Mungkin Anda bisa memasukkan berkali-kali sampai alamat email yang Anda inginkan tersedia.

Setelah itu, Anda harus buat password untuk email Anda. Di sini buatlah password yang kuat dan tidak mudah ditebak orang yah

Memasukkan nomor telepon. Jika Anda tidak ingin mendaftarkan nomor telepon Anda di akun email yang akan Anda buat, maka scroll ke bawah dan pilih skip. Namun jika Anda ingin memasukkan nomor HP pilih, Yes I’m in

Di halaman review ini Anda akan mendapatkan konfirmasi tentang alamat email yang Anda buat. Untuk Nama depan dan belakang, jika ada kesalahan Anda dapat mengubahnya di lain waktu. Untuk alamat email tidak dapat berubah ya sob.

Oke, ini adalah halaman terakhir, yaitu Privacy and Terms. Scroll ke bawah dan pilih I Agree (Saya setuju) untuk membuat email Anda.

Setelah itu Anda akan melihat di tampilan akun ada email baru yang barusan Anda buat.

Demikian cara buat email dari HP langsung jadi kan ya? Mudah bukan? Kalau masih ada kesulitan Anda bisa tanya tanya ke Sadap Android untuk dibantu

Semoga bermanfaat

buat email dari hp langsung jadi language:id
Cara Buat Email dari HP Langsung Jadi Nggak Pakai Ribet | admin | 4.5