Strategi Pemasaran Efektif dengan Media Promosi Online

  • Whatsapp
marketing

Maraknya penggunaan internet, menjadikan media promosi online banyak dimanfaatkan oleh para pengusaha. Mulai dari perusahaan-perusahaan besar hingga UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) menggunakan cara ini dalam melakukan strategi pemasaran.

Bagi para pengusaha yang baru berkecimpung di dunia usaha, penggunaan media promosi online dinilai cukup menguntungkan. Selain mudah dan cukup efektif untuk memasarkan produk, penggunaan media promosi online juga hanya membutuhkan biaya yang kecil, atau bahkan gratis. Namun, yang belum banyak diketahui adalah cakupan media promosi ini yang sebetulnya cukup luas. Tidak hanya media sosial seperti Facebook, Instagram, dan sebagainya, promosi online juga meliputi ads atau iklan yang biasa Anda lihat ketika membuka suatu website, aplikasi, dan lain sebagainya.

Jenis dan Keuntungan Media Promosi Online yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Media Promosi Online

Banyak jenis media promosi secara online yang biasa digunakan untuk melakukan promosi, salah satunya adalah sosial media. Namun, selain sosial media, berikut beberapa jenis media promosi online yang bisa digunakan untuk melakukan pemasaran

1. Marketplace

Jenis media promosi online yang satu ini merupakan salah satu media yang banyak digandrungi di Indonesia. Pasalnya, melalui marketplace, pengguna bisa dengan mudah dan leluasa mencari barang yang diinginkan. Selain itu, para penggunanya juga lebih merasa aman untuk bertransaksi karena adanya sistem rekening bersama, sehingga jika barang yang dipesan tidak sampai ke tangan pembeli, pembeli tersebut bisa mengajukan pengembalian dana.

Selain itu, dengan menggunakan marketplace, calon pembeli bisa mencari harga termurah dari barang yang ingin dibeli, serta bisa mengetahui ulasan pembeli lain sehingga risiko kecewa akan kualitas barang menjadi lebih rendah. Namun, sisi negatif dari marketplace bagi pembuka lapak atau penjual adalah persaingan harga yang sangat ketat. Beberapa contoh marketplace yang memiliki banyak pengguna diantaranya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya. 

2. Website

Penggunaan website sebagai media promosi online sebetulnya sudah cukup lama. Namun, sebagian besar pengguna media promosi ini adalah jenis usaha yang sudah memiliki brand cukup terkenal. Tapi baru-baru ini, penggunaan website sebagai media promosi juga cukup marak digunakan. Selain terkesan lebih profesional, penggunaan website juga bisa mempermudah penjual untuk menampilkan produk atau jasa yang akan dijualnya.

3. Youtube ads

Ketika sedang asyik menonton di Youtube, acara yang Anda tonton seringkali terpotong iklan, iklan tersebut disebut dengan Youtube AdSense atau Youtube ads. Menggunakan Youtube ads. sebagai media promosi online cukup efektif untuk melakukan pemasaran karena banyaknya pengguna aplikasi tersebut. Semakin banyak viewers dari suatu channel di Youtube, maka biasanya iklan di channel tersebut semakin banyak. 

4. Social Media Ads

Selain Youtube ads., Anda juga bisa memanfaatkan social media ads. sebagai media promosi online. Social media ads. ini biasanya muncul di timeline ketika membuka media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter, sehingga pengguna media sosial tertarik untuk mengklik iklan tersebut untuk mengetahui lebih detail produk yang dijual. Strategi pemasaran ini cukup efektif untuk melakukan promosi. 

5. E-mail Marketing

Teknik marketing dengan menggunakan media promosi yang satu ini memang terkesan cukup jadul, namun masih banyak yang menggunakan metode promosi ini. Biasanya pihak penjual akan memberikan penawaran atau katalog terbaru melalui e-mail, sehingga calon pembeli tidak perlu repot-repot untuk mencari laman website atau akun sosial media untuk melihat atau mencari suatu produk terbaru. 

Keuntungan Media Promosi Online

Bagi para pemula di dunia bisnis, tentunya media promosi online ini sangat bermanfaat. Selain mudah, media promosi secara online juga bisa digunakan tanpa mengeluarkan biaya untuk modal promosi. Selain itu, media promosi online juga memudahkan penjual untuk memasarkan produknya kapanpun dan dimanapun.

Keuntungan lain dari media promosi online adalah, penjual dapat menjangkau konsumen yang jauh sekalipun, bahkan hingga luar negeri. Penjual juga bisa tetap terhubung dengan pelanggan dalam segala kondisi. Di masa pandemi seperti ini, media promosi online membantu meminimalisir terjadinya kontak antara penjual dan pelanggan, sehingga tidak berisiko terpapar virus. 

Kemudahan media promosi online bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk yang akan Anda jual. Tetapi dalam praktiknya, Anda harus tetap memperhatikan etika dalam melakukan promosi. Anda juga tetap harus berhati-hati, karena media promosi online rentan terhadap praktik penipuan. Selain itu, pilihlah jenis media promosi online yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *