Cara Agar Instagram Story Tidak Buram yang Paling Mudah

Cara Agar Instagram Story Tidak Buram – Bagi pengguna Instagram, menggunggah foto yang sempurna menjadi hal wajib yang harus diterapkan. Hal ini bertujuan agar foto yang diunggah tersebut memberikan respon positif dari pengguna IG lainnya. Secara tidak langsung juga, foto yang punya kesan sempurna akan meningkatkan jumlah like. Hal ini tentunya sangat penting, khususnya bagi para selebgram.

Tidak hanya di feed Instagram saja, foto yang diunggah di Instagram Story juga harus bagus dan sempurna. Namun, terkadang foto yang diposting di InstaStory tampak buram dan pecah. Hal yang demikian ini sering membuat pengguna kesal sendiri. Lantas, bagaimana cara agar Instagram Story tidak buram dan pecah? Informasi lebih jelasnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Agar Instagram Story Tidak Buram yang Paling Mudah

Ada beberapa tips agar foto yang dihasilkan untuk diunggah di Instagram Story tampak jernih dan bagus. Sebenarnya triknya simpel dan mudah, hanya saja memang tidak semua pengguna mengetahui trik tersebut. Adapun cara agar Instagram Story tidak buram selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Ukuran Standar Instagram Story

Trik yang pertama agar foto atau video yang diunggah di Instagram Story tidak buram yakni menikuti ukuran standar dari Instagram Story. Jadi, tidak boleh sembarangan memposting foto atau video di Instagram Story tanpa memperdulikan ukurannya. Dengan demikian, foto atau video yang diunggah di sana akan terlihat lebih sempurna.

Selain itu, mengetahui ukuran standar Instagram story juga akan mencegah foto atau video terpotong. Untuk ukuran standar dari Instagram Story ini sendiri yakni 1080 x 1920 piksel. Jadi, sebelum mengunggah pastikan Anda mengatur ukuran foto dengan ukuran standar tersebut.

2. Gunakan Kamera Utama HP

Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna Instagram. Mereka lebih memilih mengambil foto untuk diunggah di Instagram Story langsung dari kamera bawaan Instagram. Padahal langkah tersebut tentu akan memberi pengaruh besar pada hasil foto. Foto akan tampak buram dan kurang maksimal sehingga tampilannya pun kurang menarik. Alasannya karena kamera bawaan Instagram masih menggunakan API dasar dari sistem.

Berbeda lagi jika Anda menggunakan kamera utama HP untuk mengambil foto. Kameranya sudah dioptimasi sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan foto yang sempurna dan tidak buram pastinya. Dengan demikian, foto atau video yang diunggah di Instagram Story akan tampak lebih jernih dan jelas.

3. Pastikan Koneksi Internet Cepat dan Stabil

Tidak banyak yang tahu kalau koneksi internet di smartphone bisa mempengaruhi kualitas foto yang diunggah di Instagram Story. Instagram ini sendiri merupakan aplikasi yang cukup pintar. Saat Anda mengupload foto atau video di Instagram Story dan kebetulan koneksi internet di smartphone lagi jelek, maka secara otomatis Instagram akan melakukan kompresi. Foto atau video dikurangi kualitasnya, sehingga hasilnya foto dan video yang berhasil diunggah akan tampak lebih buram dan pecah.

Karena itulah, pastikan koneksi internet di smartphone Anda dalam keadaan bagus dan stabil. Solusi lainnya yakni dengan mencoba menggunakan koneksi Wifi yang diklaim lebih cepat dan stabil dibandingkan koneksi data seluler. Koneksi internet yang cepat dan stabil tersebut akan memperbaiki kualitas foto di Instagram Story.

4. Menggunakan HP dengan Kamera Terbaik

Saat ini sudah banyak ditemukan tipe smartphone canggih di pasaran. Beberapa diantaranya sudah dibekali dengan dukungan komponen kamera terbaik. Kameranya juga dilengkapi dengan fitur canggih sehingga membuat hasil jepretannya tampak sangat sempurna. Hasil jepretan yang sempurna seperti ini akan tampak sangat menarik saat diunggah di Instagram Story.

Berbeda ceritanya jika Anda mengambil foto dengan kamera dari HP berspesifikasi standar. Hasil fotonya akan kurang maksimal, sehingga saat diunggah di Story Instagram akan tampak buram.

5. Mengedit Foto dengan Aplikasi

Dan cara agar Instagram Story tidak buram yang terakhir yakni dengan mengedit foto terlebih dahulu. Foto perlu kamu edit menggunakan aplikasi khusus yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. Misalnya saja menggunakan aplikasi Lightroom yang merupakan aplikasi terbaik untuk mengedit foto di smartphone.

Itulaht tadi beberapa cara agar Instagram Story tidak buram yang paling ampuh bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.

1 thought on “Cara Agar Instagram Story Tidak Buram yang Paling Mudah”

Leave a Comment