5 Solusi Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi di Komputer, Apa Saja?

  • Whatsapp
usb laptop

Perlu memindahkan data dari smartphone Android ke komputer atau sebaliknya, tapi smartphone Anda malah tidak terdeteksi di komputer? Tak perlu panik, karena ada 5 langkah untuk mengatasi HP Android tidak terdeteksi di komputer, kok! Simak penjelasannya berikut ini, ya!

1. Periksa kondisi kabel USB.

Cara termudah untuk mengetahui alasan mengapa smartphone Anda tidak terdeteksi adalah mengecek kondisi kabel USB-nya. Karena intinya, kalau kondisi kabel sudah jelek, tentu tak heran kalau smartphone tidak terdeteksi. Atau bisa jadi, Anda kurang kencang memasang konektor, baik pada port di smartphone maupun di laptop. Kalau benar bahwa kondisi kabel USB memang sudah jelek, ganti dengan kabel baru – lebih bagus lagi kalau Anda gunakan kabel original.

2. Periksa driver USB di komputer.

Kalau kondisi kabel USB baik-baik saja atau malah jika Anda sudah ganti kabel tapi masih mengalami masalah yang sama, periksa driver USB yang sudah di-install di komputer. Sebab, bisa jadi driver USB pada komputer tidak compatible dengan smartphone Anda.

Jika benar bahwa driver USB tidak compatible, Anda bisa cek bahwa ada penambahan jumlah info driver pada komputer, yang menunjukkan bahwa driver USB smartphone Anda sudah ter-install. Sedangkan jika tidak ada perubahan, Anda bisa pindahkan USB ke port lain pada komputer, atau install driver lain sesuai rekomendasi komputer Anda.

3. Ubah mode USB jadi MTP.

Ketika Anda menancapkan kabel USB pada port USB di komputer, Anda bisa temukan beberapa opsi pada layar smartphone Anda. Opsi-opsi tersebut adalah:

  • Charge This Device, yaitu untuk mengisi ulang (charge) daya baterai smartphone.
  • Transfer Files (MTP), yaitu untuk memindahkan file dari smartphone ke komputer dan sebaliknya.
  • Transfer Photos (PTP), yaitu untuk memindahkan file foto atau gambar dari smartphone ke komputer dan sebaliknya.

Pilih opsi MTP, lalu cek apakah ikon driver berubah dari ikon kamera menjadi perangkat.

4. Install USB driver yang sesuai.

Solusi terakhir yang bisa Anda ambil untuk mengatasi HP Android tidak terdeteksi di komputer adalah dengan meng-install USB driver yang compatible atau sesuai pada smartphone Anda. Untuk menemukan USB driver, carilah di website resmi produsen smartphone Anda demi jaminan keamanan file yang bebas dari malware, virus, maupun risiko keamanan lainnya yang dapat membahayakan smartphone atau komputer Anda.

5. Pindahkan data tanpa kabel USB.

Apabila Anda sudah melakukan keempat langkah di atas tapi masalah Anda masih belum teratasi, Anda tak perlu bingung. Sebab, transfer data bisa dilakukan tanpa harus mengandalkan kabel USB, kok. Gunakan fitur Bluetooth jika tersedia di komputer/laptop Anda, atau pindahkan data melalui layanan penyimpanan cloud seperti ShareIt, Google Drive, Dropbox, dan sebagainya. 

Nah demikian cara mengatasi HP Android yang tidak terdeksi di komputer. Semoga tutorial ini bermanfaat buat kamu yang masih kebingungan mengapa HP tidak terdeteksi di komputer/PC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *