admin Admin Sadap Android adalah seorang blogger yang suka sharing informasi terkait Android dan teknologi komputer

Cara Mengecek IMEI Samsung

2 min read

Anda belum pernah mendengar istilah dari IMEI pada smartphone? Nah, hal ini perlu untuk Anda perhatikan dan ketahui lagi. Dimana disetiap dus box atau kotak ponsel baru Anda tentu biasanya akan tertera kode IMEI yang nantinya berupa seperti angka-angka yang terbilang cukup panjang. Meskipun memang tidak banyak yang mengetahui hal seperti ini, tetapi tahukah Anda bahwa kode IMEI ini sebenarnya sangat penting sekali bagi ponsel. Nah, mengenai cara mengecek IMEI Samsung maka Anda bisa melihatnya seperti dibawah ini.

Pengertian Kode IMEI

Sebelum membahas panjang lebar mengenai cara mengecek IMEI Samsung maka Anda harus bisa mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kode IMEI tersebut. Dimana kode IMEI (Internasional Mobile Equipment Identity) yang merupakan identitas unik yang terdapat di perangkat smartphone dengan secara internasional. Jadi, bisa dikatakan bahwa setiap smartphone yang ada di seluruh dunia memiliki IMEI yang berbeda-beda dan tidak akan sama.

Oleh karena itu, sebagai penomoran yang cukup unik memang tidak heran bahwa kodel IMEI tersebut sering sekali dicantumkan dalam nota pembelian ponsel baru, kontak hp hingga nota garansi serta berbagai keperluan lainnya. Ciri khas kode IMEI ini merupakan susunan angka yang nantinya terdiri dari 14 hingga 16 digit. 

Fungsi Kode IMEI Samsung

Mengapa kode ini sangat penting sekali dibuat? Pertanyaan seperti ini tentu akan muncul bukan? Nah, untuk fungsi utama dibuatnya kode seperti ini yaitu sebagai identifikasi ponsel. Selain itu, kode IMEI ini juga bisa difungsikan sebagai pemblokiran jaringan pada saat ada yang menyalahgunakan ponsel tersebut, hal seperti ini sama seperti konsep nomor pada rekening tabungan di bank. Jika ada yang menyalahgunakan maka pihak terkait bisa melakukan pemblokiran dengan cepat. Jadi itulah fungsi IMEI pada ponsel yang wajib untuk Anda ketahui.

imei

Cara Cek IMEI Samsung

Setelah Anda melihat dan mengetahui apa itu kode IMEI tentu membuat Anda penasaran bukan kode IMEI pada ponsel Anda. Nah, untuk cara mengecek kode IMEI Samsung ini sangat mudah sekali, Anda bisa mengikuti langkah sebagai berikut:

1. Melalui Keypad Ponsel

  • Buka keypad smartphone dan tekan kode *#06#.
  • Lalu, tekan tombol call.
  • Jika sudah, maka nantinya kode IMEI ponsel Anda akan muncul di layar ponsel Anda.

2. Melalui Setting

  • Buka menu aplikasi dan klik settings.
  • Kemudian carilah about phone.
  • Jika sudah, cari kode IMEI Samsung dan Anda akan bisa melihat kode IMEI tersebut.

Gimana, sangat mudah sekali bukan cara mengecek IMEI Samsung untuk ponsel Anda? Nah, untuk cara seperti diatas bisa Anda lakukan untuk semua jenis ponsel ataupun smartphone baik itu dengan berbagai tipe dan juga merek. Semoga bermanfaat!

admin Admin Sadap Android adalah seorang blogger yang suka sharing informasi terkait Android dan teknologi komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *